Kamis, 26 Februari 2009

Mengenal Pukulan Topspin

Jakarta, 26 Februari 2009. Mengenal tenis tentunya harus juga mengenal jenis pukulannya. Salah satunya saya mau ceritakan sedikit adalah SPIN (bola berputar)berdasarkan tulisan diambil dari Manual Coach (ITF) . Yang perlu diketahui adalah kenapa bola spin digunakannya. Yang pasti adalah membantu mengontrol bola agar dapat diperkecil kemungkinan-2 membuat kesalahan.Hal ini diperlukan sebagai salah satu taktik dan strategi tenis modern. Disamping itu pula jenis permukaan lapangan sapat membuat spin ini lebih efektip.
Perlu diketahui pula efek dari spin ini. Spin bisa merubah perputaran bola diudara. dan juga trayektori dari lajunya bola dan merubah pantulan bola.
Dasar dari Spin itu ada dua yaitu TOPSPIN dan UNDERSPIN atau dikenal dengan pukulan slice. Untuk topspin,raket berawal dari bawah dan berakhir diatas titik kontak, sehingga dibutuhkan ayunan raket dari bawah keatas. Sedangkan Underspin/slice raket berawal dari atas kemudian berakhir dibawah titik kontak.

Keunggulan dari topspin yaitu kontrol, membantu menurunkan bola dimana pemain dapat memukul bola lebih tinggi diatas net dengan lebih sedikit resiko bola keluar dari garis lapangan. Ini mengurangi kemungkinan pemain membuat kesalahan. Kemudian Tempo, penting untuk pemain yang memiliki pukulan keras karena bola akan melesat dengan kecepatan tinggi lebi besar kemungkinannya untuk keluar dari areal bermain lapangan. Topspin ini membantu agar bola tetapi didalam areal bermain lapangan dengan memaksa bola turun. Pantulan tinggi, membuat bola menukik kebawah mengenai permukaan lapangan dari sudut yang lebih terjal dan akan menghasilkan pantulan yang lebih tinggi. Begitu juga keunggulan Pantulan cepat, bola topspin bisa melesat lebih cepat dibandingkan pukulan flat atau underspin/slice . Begitu juga Timing pukulan topspin bagi pemain yang sedang maju kearah net atau sedang bermain net sangat sulit untuk mendapatkan timing yang tepat karena bola akan turun dengan cepat. Keuntungan lainnya, Kedalaman, lebih mudah memaksa lawan agar tetap bermain di bagian belakang lapangan dengan pukulan topspin karena pukulan ini membuat bola memantul tinggi dan sering membawa bola kearah belakang lapangan.

3 komentar:

kang ree mengatakan...

tq ulasannya

Aqnes Faulina Sihombing mengatakan...

Terimah kasih😊

Aqnes Faulina Sihombing mengatakan...

Terimah kasih😊