Selasa, 11 Maret 2008

Bagaimana Mengatur Latihan

Dari literature yang dikeluarkan oleh ITF seperti yang ditulis oleh Habtu Alfework diceritakan mengenai Training session plan, yang akan saya ungkapkan disini untuk diketahui.

Ini merupakan rencana kecil latihan untuk intermediate / advanced players dalam 2-3 jam
1. Perkenalan , selama 3-5 menit
Pelatih akan ceritakan tujuan latihan dan bagaimana latihannya yang disesuaikan dengan kebutuhan atlit

2. Pemanasan , 30 -45 menit
Bisa dibagi menjadi umum dan spesifik. Tujuannya adalah menyiapkan seluruh anggota tubuh, secara physiological dan psychological untuk beban yang tinggi sebagai bagian latihan utama dan mencegah cidera.

3. Latihan Utama
Disini bisa didapatkan satu atau dua bahkan tiga latihan utama tergantung dari keinginan pelatih untuk menjalankan seluruh latihan
Total waktu dibutuhan 60-120 menit. Secara umum, bagian ini merupakan latihan tehnik, taktik dan fitness (kebugaran) atau gabungan dari seluruh program latihan.

a. Latihan Tehnik : jika latihan tehnik merupakan sasarannya dari seluruh program latihan, maka latihan tehnik menjadi prioritas yang diletakkan dalam permulaan latihan utama. Seluruh tehnik yang baru dan koreksinya dapat ditunjukkan hanya dengan low medium intensity physical effort dan jika atlit tidak lelah.

b. Tehnik dan taktik. Bagian ini, yang ditekankan terutama adalah aspek taktik dalam latihan. Menurut level standar atlit, pelatih dapat mengatur dari dasar ke specific drills, point dengan perbedaan aturan, beda2 permainan dan match practice.

c. Physical fitness. Dibagian utama tujuannya memperbaiki secara umum atau specific level dari kondisi fisik dapat diatur oleh pelatih berdasarkan fase2 latihan didalam lapangan atau gym, fitness program dan dengan lain olahraga seperti main sepak bola, basket dll. Semua ini dilakukan dengan menarik bahkan dilakuan dengan menyenangkan.

4. Cool down, 5-10 menit
Diawali dengan perlahan dan jogging ringan diikuti stretching (peregangan) Bagian ini sangat penting dan akan membantu suhu tubuh secara perlahan kembali ke suhu normal.

5. Kesimpulan 3-5 menit
Bagian akhir dari latihan adalah mengevaluasi kerja yang telah dilakukan. Berikan penjelasan2 hasil evaluasi dan semuanya atlit harus ikut berinter aksi. Apakah problem dan keberhasilan maupun tingkat kesulitan dalam latihan dikemnukan bersama sama. Pelatih jangan sampai meninggalkan latihan dimana atlit dalam situasi kesal atau marah.

Tidak ada komentar: