Rabu, 10 September 2008

Mengoptimalkan Prestasi Olahraga Melalui Peran Psikologi Olahraga

10 September 2008. Salah satu ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan pembinaan prestasi olahraga adalah Psikologi Olahraga. Pembinaan fisik yang baik dalam pembinaan olahraga diyakini menjadi tidak optimal tanpa adanya pembinaan mental. Berbagai gejala psikologis yang dialami atlet yang tidak sempat diantisiapasi dengan cepat, dapat berdampak serius terhadap pencapaian prestasi puncak atlet. Selama ini , penanganan berbagai masalah atlet biasanya langsung ditangani oleh PELATIH. Atletpun biasanya tidak mudah membuka diri untuk berbagai permasalahan yang dirasakannya. Sementara itu, berbagai pihak mulai merasa bahwa peran psikolog yang secara khusus menangani olahraga memang sangat diperlukan. Namun begitu, sejauh mana atlet dan pelatih sebagai pelaku olahraga membutuhkan penanganan dari seorang psikolog olahraga tampaknya belum begitu jelas. Di sisi lain, seberapa jauh kontribusi yang sebenarnya dapat diberikan oleh seorang psikolog olahraga mungkin belum sepenuhnya diketahui. Oleh karena itu dibutuhkan seminar & dialog psikologi olahraga yang membahas lebih lanjut mengenai permasalahan psikologis yang dialami oleh atlet dan pelatih dan seberapa jauh peran yang dapat dilakukan oleh psikolog olahraga.

Fakultas Ilmu Keolahragaa Universitas Negeri Jakarta akan selenggarakan Seminar Nasional & Dialog Psikologi Olahraga dengan judul “ Mengoptimalkan Prestasi Olahraga Melalui Peran Psikologi Olahraga.” pada tanggal 12 September 2008 mulai pukul 08.30 – 11.30 bertempat di Ruang Sidang Lt.1 Gedung Perpustakaan UNJ jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur. Sebagai keynote speaker Dr. Monty P Satiadarma ,MS/AT, MCP,MFCC/DCH.Ps (Psikolog Olahraga.Diberikan kesempatan bagi pelatih tennis yang berkeinginan mengikutinya dan langsung menghubungi Ibu Mrih Fakultas Ilmu Keolahragaan Kampus B , UNJ.tel/Fax 021 4893534 ext 11. Tapa dikenakan beaya alias free/gratis.

Tujuan kegiatan adalah, meningkatkan pemahaman tentang peran ilmu pengetahuan dan teknologi umumnya dan psikologi olahraga khususnya untuk prestasi olahraga. Begitu juga meningkatkan pengetahuan tentang pemasalahan psikologis yang dialami dalam pembinaan olahraga. Begitu juga memahami berbagai dinamika psikologis yang dialami oleh atlet. Tujuan lainnya adalah meningkatkan pengetahuan tentang peran psikolog olahraga dalam pembinaan prestasi.
Diharapkan sekali pelatih tenis bisa mengikutinya seminar ini yang cukup bermanfaat bagi perkembangan tenis di Indonesia.

1 komentar:

Maz bow mengatakan...

selamat siang... salam kenal..