Kamis, 24 April 2008

Batasan Umur Ikuti Tirnamen Internasional Yunior

25 April 2008. Kegiatan turnamen tenis di Indonesia cukup banyak untuk peningkatan prestasi, baik kegiatan turnamen tenis yunior maupun kelompok umum. Maraknya turnamen yunior cukup mengangkat kuantitas maupun kualitas petenis yunior sehingga cukup besar keinginan petenis tersebut meningkatkan prestasi dengan ikuti turnamen internasional.
Menyadari hal ini, perlu diketahui pula aturan aturan yang baku sudah dikeluarkan International Tennis Federation (ITF) maupun WTA-Tour , ATP-Tour.

Karena sering menerima surat pemberitahuan dari ITF untuk mengingatkan petenis yunior Indonesia agar tidak menyalahi aturan ITF, karena banyak petenis Indonesia yang rajin ikuti turnamen turnamen diluar negeri, sehingga perlu kiranya aturan ini disebar luaskan.
Batas minimum usia petenis untuk bisa ikuti turnamen international ITF Junior adalah sudah berulang tahun ke 13. Setelah itu bukan berarti bisa ikuti sebanyak mungkin turnamen, karena ada batasan batasannya.

Turnamen internasional ITF Junior itu mempertandingkan kelompok umur 18 tahun saja. Peserta bisa ikuti dengan batasan maksimum 10 turnamen bagi yang sudah berusia 13 tahun, sampai petenis tersebut mencapai top 50 ITF Junior Rank maka ada tambahan 4 turnamen lagi. Jika sudah berusia 14 tahun maka maksimum boleh ikuti 14 turnamen sampai mencapai top 20 ITF Junior ranking. Jika sudah berusia 15 tahun maka boleh ikuti 16 turnamen sampai mencapai top 20 ITF Junior ranking maka dapat tambahan 4 turnamen. Untuk usia 16 tahun maka boleh ikuti 25 turnamen. Jika sudah 17 tahun ataupun 18 tahun bebas sebanyak mungkin ikuti turnamen .
Tetapi ada ketentuan tambahan adalah jumlah turnamen itu berdasarkan antara Jari Ulang Tahun dan hari turnamen berlansgung, bukan berdasrkan tahun. Dan yang dimaksud hari turnamen adalah waktu babak utama berlangsung perhitungannya. Jika ikuti turnamen profesional, maka akan berlaku aturan WTA Tour atau ATP -Tour.

Tidak ada komentar: