Kamis, 30 April 2009

Ketentuan Age Eligibility di Turnamen Internasional Putri


Jakarta, 30 April 2009. Perlu diketahui semua pelaku tenis khususnya petenis mauun pelatih masalah ketentuan yang dibuat oleh ITF tentang batasan usia disetiap turnamen profesional. Karena saat ini harus dikaui pula banyak petenis potensial berusia muda didunia bahkan di Indonesia. Peranan petenis muda usia sudah terlihat dikancah pertenisan nasional maupun internasional. ITF mengatur ketentuan tentunya untuk kepentingan petenis sendiri, dan menyadari kalau banyak petenis berusia muda cukup berprestasi di turnamen internasional.

Bagi petenis yang belum berulang tahun ke 14 maka tidak diperkenankan ikuti turnamen internasional putri baik ITF Women’s Circuit maupun WTA-Tour events maupun Fed Cup.

Jika telah berusia 14 tahun dan sebelum berusia 15 tahun (belum HUT) , maka diperkenankan ikuti turnamen maksimum 8 ITF Women’s Circuit ( $ 10,000-25,000) dan tidak lebih dari 3 Women’s Circuit dengan prize money $ 50,000 atau lebih. Boleh ikuti juga mewakili Negara dalam Fed Cup.
Jumlah keikut sertaannya akan berkurang jika menerima wild card di turnamen WTA-Tour tidak lebih dari 2 WTA-Tour event level.
Jatah wild cardpun diatur , dimana bisa terima maksimum 3 wild cards yaitu wild card babak utama atau Kualifikasi di ITF Women’s Circuit ataupun WTA-Tour events.

Jika telah berusia 15 tahun (sebelum 16 tahun) maka pemain bisa ikuti maksimum 10 profesional turnamen, dan WTA –Tour (jika diterima) dan juga bisa ikuti Fed Cup. Jatah wild cardnya hanya diperkenankan maksimum 3 wild cards, baik 1 wild card di babak utama atau kualifikasi semua event dan 2 wild cards eksklusif untu babak utama atau kualifikasi dari WTA-Tour International Tournament atau ITF Women’s Circuit.

Jika berusia 16 tahun, maka diperkenankan ikuti maksimum 12 profesional turnamen dan WTA Tour Champsionships (jika diterima) dan Fed Cup. Jatah wild cards bisa menerima wild card maksimum 4 di WTA Tour International Tournament dan atau ITF Women’s Circuit Dimana tidak melupakan ketentuan maksimum keikutsertaan di single dan doubles baik babak utama maupun kualifikasi.
Jika berusia 17 tahun, maka diperkenankan ikuti 16 Profesional turnamen dan WTA Tour Championhips (jika diterima)

Jika berusia 18 tahun, maka tidak dibatasi

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi petenis Indonesia yang sudah berani Go International

Tidak ada komentar: