Sabtu, 14 Maret 2009

Mengenal Raket tenis

Jakarta, 14 Maret 2009. Pemain tenis dapat menghabiskan waktu selama berjam-jam di lapangan untuk berlatih fisik dan mental agar dapat mencapai puncak dari perfomannya. Salah satu faktor seringkali diabaikan oleh pemain tenis adalah memastikan mereka memiliki peralatan yang benar/seusia. Memiliki menggunakan peralatan yang benar tidak akan membuat mereka memenangkan pertandingan, tetapi menggunakan peralatan yang kurang memadai akan mengakibatkan kekalahan bagi mereka.

Jadi sangat penting bagi pelatih yang mengajar tenis untuk memiliki pengetahuan agar dapat meneruskan informasi yang diperlukan kepada pemain dan orangtua. Berikut ini akan memberikan informasi penting bagi pelatih mengenai :
1. Raket
2. Senar
3. Sepatu

Raket
Ukuran kepala raket di definisikan denga area permukaan yang dipasang senar dan didasarkan ukuran (dimensi) dalam dari sistem penunjang senar. Ukuran kepala raket diuraikan dalam bentuk inci persegi atau sentimeter persegi .
Klasifikasi umum ukuran kepala raket adalah :
- Tradisional 60 - 79 inci persegi
- ukuran medium (Midsize) 80 - 95 inci persegi
- ukuran besar (Oversize) 96 - 115 inci persegi
- Sangat besar (Oversize) 116 inci persegi keatas

Pengukuran berat ditentukan dari sisi pabrikan, mencerminkan berat raket tanpa senar. Untuk ukuran kepala raket tidak ada standar industri, tetapi petunjuk umum berikut ini dapat digunakan :
- Ekstra ringan ( extra light) (XL) dibawah 12 ons
- Ringan (light) (L) 12.0 - 12.5 ons
- Medium ringan ( light medium) (LM) 12.51 - 13 ons
- Medium (M) 13 - 13.5 ons
- Berat (heavy ) (H) 13.51 keatas

Material rangka raket. Kayu, dimana pernah digunakan untuk membuat semua raket sudah tidak digunakan lagi dan kebanyakan raket sekarang dibuat dari fiberglassm graphite atau kombinasi dari kedua material tersebut. Aluminium raket juga bisa didapatkan dan harganya sangat bersaing (murah)

Ukuran pegangan (grip). Peganagna raket memiliki 8 sisi dan tersedia dalam beberapa ukuran berdasarkan ukuran lilitan pegangan (grip) tersebut. Ukurannya dari 4 inci - 5 inci dengan jarak perbedaan ukuran 1/8 inci. Ukuran ini ditulis di gagangnya nomor 0 - 8, dengan 0 sesuai dengan 4 inci, 1 sesuai dengan 4-1/8 inci dst.

Rangka lebar (wide bodies). Terminologi untuk konstruksi rangka yang aerodinamis. Wilson dengan seri Profile-nya mengawali generasi rangka lebar (wide bodies) pertama yang sangat kaku, sangat tebal dan sangat bertenaga (powerful). Generasi berikut seringkali mengurangi sifat kak ketebalan,power dan kelenturan yang bervariasi. (bersambung)
(Diambil dari ITF Manual Coaches)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mau nanya beratnya dalam ons atau oz?