Jumat, 23 Januari 2009

Istilah Istilah Teknik Tenis

23 Januari 2009. Bagi pecinta tenis tetapi masih banyak juga belum mengenal istilah istilah yang semuanya berasal dari luar negeri, maka perlu juga untuk mengetahuinya. Ini sekedar informasi saja sehingga jika ikuti pertenisan khususnya turnamen maka sudah tidak asing lagi.
Ace... servis yang tidak tersentuh raket lawan
Ad court.. sisi lapangan dimana angka (point) kedua mulai dimainkan dalam permainan (game), juga disebut lapangan bagian kiri atau lapangan backhand.
Alley... area pada kedua sisi lapangan ukuran bermain tunggal yang melebar ke area untuk bermain ganda.
Approach shot... pukulan yang dilakukan dari sebelah dalam garis belakang lapangan (baseline) untuk memfasilitasi gerakan maju ke net. Menjembatani jarak antara garis belakang lapangan (baseline) dan net.
Back court... area antara garis belakang lapangan (baseline) dan garis servis.
Backhand.. untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, pukulan dilakukan pada sisi kiri tubuh, sebaliknya untuk pemain yang menggunakan tangan kiri.
Backspin atau underspin... putaran yang mengarah kebelakang atau mundur saat bola diudara
Backswing.. gerakan tahap awal dari pukulan raket dimana pemain mengayunkan raket kebelakang sebelum melakukan ayunan kedepan untuk memukul bola.
Ball toss.. gerakanmengangkat bola ke udara dengan tangan yang tidak memegang raket saat memulai melakukan servis
Baseline ... adalah tanda/garis yang menandai batas legalpanjangnya lapangan
Block volley... voli yang dilakukan untuk mengembalikan bola dengan menahan raket secara kokoh pada jalur bola yang mendekat dan menghalangi bola hampir tanpa gerakan.
(berlanjut)

Tidak ada komentar: