Senin, 10 Agustus 2009

Yunior Terima Prize Money

Tegal, 10 Agustus 2009. Ada satu masalah yang sudah lama ada dibenak saya sehingga mencoba mencari jalan keluarnya. Oleh rekan lainnya diminta untuk bertanya saja ke ITF, tetapi saya masih belum mau lakukan. Ini akibat dari sikap saya yang " sok tahu ".

Diturnamen tenis yunior disebutkan dalam ketentuannya adalah tidak diperkenankannya dapat hadiah uang dalam bentuk apapun. Ini ketentuan beberapa tahun lalu suka dibenarkan oleh pelaku tenis yang salah menafsirkan sehingga diberikan tidak dalam bentuk uang cash tetapi diubah menjadi dalam bentuk voucher dimana setelah pertandingan diganti dengan UANG.

Bagaimana dengan petenis yunior (usia dibawah 18 tahun) jika mengikuti turnamen nasional dan internasional kelompok umum ( internasional disebut Pro Circuit, yaitu Men's Futures dan Women's Circuit) yang menyediakan prize money sebagai hadiahnya.
Saya sendiri pernah melihat petenis asing di turnamen Women's Circuit tidak mau menerima prize money tersebut. Karena mau masuk Perguruan Tinggi di Negeri Paman Sam (USA). Ternyata petenis tersebut boleh terima hadiah uang sebagai pengganti beaya perjalanan dan akomodasi di turnamen tersebut. Biasanya prize money yang diterima lebih kecil nilainya dibandingkan pengeluarannya. Sehingga dalam penerimaan uang tidak disebutkan sebagai penerimaan prize money tetapi pergantian travelling dan akomodasinya.
Yang pasti bagi petenis yunior yang berkeinginan melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggu di Amerika Serikat agar berhati-hati dalam penerimaan prize money di Pro Circuit ini.

Kalau dilihat dari ketentuan ITF, yang setiap turnamen baik jenis dan kategori maka untuk Pro Circuit maka pesertanya bisa terima prize money, tidak disebutkan masalah amatir atau profesional. Hanya ada ketentuan usia saja ada minimalnya (usia).

Tidak ada komentar: