Rabu, 19 Agustus 2009

Bravo POLISI !


Jakarta,20 Agustus 2009. Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat berkesan sekali khususnya di tahun 2009 ini. Selain saya telah mencapai usia ke 63, menemukan situasi pertenisan di Palangka Raya yang memilukan, tetapi justru menemukan kesan positip setelah HUT Kemerdekaan RI mencapai 64 dengan kinerja POLRI. Disamping begitu gencarnya menangkap pelaku pelaku teroris walaupunbelum menemukan biangnya, saya hari ini terkesan dengan kerja POLANTAS Polisi Metro Jaya.

Karena hampir lupa saya harus memperpanjang Surat Ijin Mengemudi(SIM) yang sudah jatuh waktunya tanggal 7 Agustus 2009.
Ketika memperpanjang SIM di jalan Daan Mogot, saya menemukan kejutan yang bagi saya berdasarkan pengalaman memperpanjang SIM di Ibukota Jakarta ini. Kali ini makan waktu sangat singkat yaitu 45 menit. Sejak parkir pukul 09.00 dan selesai menerima SIM baru ternyata jam menunjukkan 09.45. Fantastik sekali, karena 5 tahun lalu saya memperpanjang SIM, makan waktu lama. Waktu itu hari Jumat datang pkl. 10.00, ada waktu istrahat jam 12.00-13.00 dan baru selesai pkl 15.00.

Ada kejutan lainnya adalah masalah beaya yang turun sangat drastis sekali. 5 tahun silam keluar dana lebih dari Rp. 200.000 - 300.000 (lupa tepatnya). Kali ini, bayar parkir Rp. 2.000, setelah parkir kendaraan langsung ke tempat periksa Kesehatan yang letaknya diluar gedung (dekat kantin) bayar Rp. 20.000, kemudian masuk kedalam gedung cari loket BRI bayar Rp. 60.000, setelah itu pindah keruang administrasi letaknya belakang ruang BRI, kemudian ke loket Asuransi letaknya disampingnya bayar Rp. 20.000. Semua ada kwitansi penerimaannya. Setelah itu masuk kedalam cari loket 21 bayar Rp. 50.000 , setelah itu pindah ke loket 26 untuk foto dan sidik jari. Selesai foto pergi ke loket 30, tunggu dipanggil. Baru duduk 5 menit sudah dipanggil karena SIM sudah selesai dan bayar Rp. 5.000 untuk dapat dompet SIM ini. Kemudian lihat jam ternyata pukul 09.45. Ini baru kejutan. Biaya lebih murah dan waktu lebih singkat.
Ya, ini hadiah di HUT Kemerdekaan, Polisi telah membenah diri dengan memberikan pelayanan lebih baik dan cepat. Semoga pelayanan ini bukan hanya sesaat dimana image Polisi makin hari makin baik.
Bagaimana dengan Percaloan ? Masalah ini sulit untuk dibrantas, tetap ada, hanya berkeliaran diluar gedung mencari mangsa. Semua itu terpulang pada diri kita sendiri, apakah memberikan peluang kepada mereka, atau karena tidak mau pusing. Alasan tidak mau pusing sebenarnya tidak tepat, dan saya sudah buktikan sendiri begitu cepat, asalkan kita membawa SIM asli dan foto copy Akte Kelahiran, dan isi formulir yang disediakan. Enteng ‘kan!

Tidak ada komentar: