Sabtu, 12 Juli 2008

Semifinal Beregu Baru selesai pukul 02.00

11 Juni 2008. Pertandingan terlama selama Pekan Olahraga Nasional telah terjadi di pertandingan tenis PON XVII Kalti yang berlangsung semalam di lapangan tenis baru Balikpapan. Akibat turunnya hujan yang melanda kota Balikpapan, sehingga awal pertandingan dimulai pagi hari dan selesai dini hari pukul 02.00.

Tim tuan rumah putra Kaltim nyaris tumbang oleh tim Jawa Barat, sedangkan pertandingan semifinal putri terjadi kejutan dengan tumbangnya unggulan tim putri DKI Jakarta kalah dari Jawa Tengah yang hanya bermateri 3 petenis yaitu Lavinia Tananta, Lutfiana SB dan Cynthia Melita. Sedangkan tim DKI Jakarta diperkuat Ayu Fani Damayanti, Wukirasih Sawondari, Liza Andriyani dan Septi Mende. Ayu kalah dari Lavinia Tananta dalam pertandingan 3 set yang juga sempat tertunda akibat turunnya hujan. Lutfiana berhasil kalahkan Wukirasih Sawondari. Karena sudah unggul 2 -0 sehingga pertandingan yang baru selesai pukul 00.30 dihentikan.

Sedangkan pertandingan putri Kaltim melawan Jabar dimenangkan oleh Kaltim 2-0. Turun pertama Sandy Gumulya (Kaltim) melawan Novianti Warsono (Jabar) 61 62. Tunggal kedua Jessy rompies (Kaltim) melawan Angelique Widjaja 61 62. Karena sudah menang 2-0 maka pertandingan ganda tidak dilanjutkan..

Pertandingan regu putri antara Jateng melawan DKI Jakarta , turun tunggal pertama Ayu Fani Damayanti (DKI) melawan Lavinia Tananta dimenangkan oleh Lavinia Tananta 57 76(3) 61 Kemudian pertandingan tunggal kedua Lutfiana Aris Budiarto (Jateng) dimenangkan oleh Lutfiana AB 63 76(2)

Pertandingan regu putra antara DKI Jakarta melawan Jawa Tengah , dengan tunggal pertama Nesa Arta (DKI) melawan prima Simpatiaji (Jateng dimenangkan oleh Prima Simpatiaji 67(6) 62 63, dilanjutkan tunggal kedua Christopher Rungkat (DKI) melawan Sunu Wahyu (Jateng) dimenangkan oleh Christopher Rungkat 62 61. Sedangkan pertandingan ganda direncanakan mulai pukul 24.00.

Pertandingan Kaltim melawan Jabar dengan tunggal pertama Elbert Sie (Kaltim) melawan Seno Hartono (Jabar) dimenangkan oleh Elbert Sie 60 64. Tunggal kedua antara Andrian raturandang (Jabar) melawan Sebastian Dacosta (Kaltim) cukup seru. Awalnya kelihatan mudah bagi Andrian sehingga bisa unggul 61. Memasuki set kedua Sebastian menemukan formnya sehingga bisa memberikan perlawanan dan didukung oleh suporter tuan rumah membuat semaraknya suasana pertandingan. Tetapi Andrian bisa menutupi set kedua dan menang 75. Karena kedudukan antara kedua tim 1-1 sehingga akan ditentukan pemenangnya melalui pertandingan terakhir ganda antara M.Faisal Aidil/Surya Wijaya (Kaltim) melawan Andrian Raturandang/Suwandi (Jabar) yang dijadwalkan pukul 24.00.
Dari beberapa hari Pekan Olahraga Nasional XVII 2008 di Balikpapan terlihat anomo penonton melihat langsung kelapangan baru ini cukup besar. Bahkan ada yang belum tahu lokasi lapangan ini.

Karena pertandingan penentuan baru mulai pukul 24.00, maka August Ferry Raturandang yang belum makan malam, terpaksa cari makanan diluar kompleks tenis bersama Humas Pelti Ariwangsa Makanan belum siap sedang digoreng, tiba tiba dipanggil telpon oleh Christian Budiman yang menyatakan cepat kembali karena ada masalah yang membuat ramai diruangan Referee.

Ternyata Referee mengaku telah membuat kesalahan malam ini karena sebelumnya sewaktu memanggil kapten tim untuk mengisi formulir nama nama pemain telah beritahu kalau pertandingan terakhir ganda putra dimainkan pukul 24.00. Tetapi kemudian beberapa saat kemudian Referee mengumumkan melalui pengeras suara kalau pertandingan ditunda dan akan dilanjutka besok. Sedangkan selaku pengganti Technical Delegate yang diserahkan oleh Technical Delegate Johanes Susanto, August Ferry Raturandang tidak diberitahu rencana penundaan tersebut. Akibatnya beberapa peserta protes meminta agar dimainkan malam ini juga. Belum lagi Referee yang sudah kecapaian saat ditanya oleh pelatih DKI Jakarta Deddy Prasetyo menjawab seenaknya membuat Deddy Prasetyo tersinggung, akibatnya terjadilah adu mulut.

Langsung August Ferry Raturandang menanyakan permasalahan dengan Referee Slamet Widodo, dan mendapatkan jawaban kalau diakuinya telah membuat kesalahan dan masalahnya sudah selesai.
Setelah itu pertandingan tetap berjalan terus sampai pukul 02.00 dini hari.

Tidak ada komentar: