Kamis, 22 Mei 2008

Peran Sorang Pelatih

22 Mei 2008 Sangat dibutuhkan sekali mengetahui bagaimana peran seorang pelatih sebelum terjun menjadi pelatih tenis. Banyak petenis yang prestasinya sudah tidak bisa berkembang sebaiknya mulai memikirkan karir tenisnya menjadi pelatih atau wasit tenis yang juga suatu profesi yang mempunyai masa depan cerah.

Bagaimana Tanggung Jawab seorang Pelatih ?
Sebagai pelatih bisa memberikan lingkungan yang aman dan bisa mengajarkan ilmu bermain tenis kepada murid muridnya. Disamping itu pula harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada murid muridnya. Pelatih yang baik akan memberikan pejaran yang menarik dan mempunyai tujuan.

Apa yang membuat seorang Pelatih Teladan ?
Tentunya untuk mewujudkan ini pelatih harus bisa bermain dengan baik. Mempunyai kemampuan bermain dan memukul bola kepada murid muridnya. Ada kemampuan memperagakan dan menunjukkan cara memukul dengan ayunan yang benar. Ada kemampuan memberikan bola dengan benar sehingga muridnya bisa berlatih dengan baik. Sebagai pelatih harus memahami permainan tenis, mulai dari Rules of Tennis, ukuran lapangan dll. Bisa memahami tehnik tenis seperti cara memegang raket, pukulan dll dan juga harus tahu masalah sejarah tenis.

Tidak kalah penting pelatih harus memahami metode dasar melatih, memiliki reputasi atau penampilan yang baik. Misalnya datang tepat waktu, penampilan baik, bisa dilihat dengan jelas dan mempunyau ekpresei wajah dan bahasa tubuh yang positip.
Pengetahuan dasar mengenai olahraga seperti physiology, biomecahniss, psychology, motor learning, sports medicine, diet, nutrition. Sebagai pelatih tentunya harus mempunyai suara yang baik, sehingga bisa berkomunikasi. Memiliki kemampuan berorganisasi dan menjaga kedisplinan, dan mempunyai empati terhadap murid muridnya Dan tidak kalah penting sorang pelatih harus memiliki filsafat yang mementingkan atlet terlebih dahulu daripada kemenangan , pembentukan jangka panjang lebih penting dari sukses untuk jangka pendek dan tidak berpikir kemenangan adalah segalanya, mengajarkan SPORTIVITAS.

Tidak ada komentar: