Rabu, 21 Mei 2008

Apa Yang Harus dilakukan Jika ingin selenggarakan Turnamen Tenis ?

20 Mei 2008. Apakah Anda selenggarakan pertandingan tenis untuk pertama kali ? Dan berkeinginan selenggarakan Turnamen Diakui Pelti ? Induk organisasi tenis PELTI membuka kesempatan bagi semua pihak agar bisa selenggarakan turnamen tenis baik nasional maupun internasional. Untuk menciptakan kesan kalau penyelenggaraan turnamen tenis bukan harus oleh induk organisasi tenis. Semua pihak bisa laksanakannya. Ini adalah petunjuk yang bisa digunakan .

Memang berbeda sekali jika selenggarakan turnamen tenis di klub, instansi instansi yang cukup semarak juga di Indonesia. Kalau di klub bisa membuat aturan sendiri sendiri, sedangkan turnamen tenis skala nasional ataupun internasional yang dikenal dengan Turnamen Diakui Pelti (TDP) harus menggunakan aturan yang dibuat PELTI ataupun ITF (International Tennis Federation). Pelti maupun ITF telah membuat Ketentuan ketentuan pelaksanaannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari venue yang memadai dengan jumlah lapangan yang digunakan dengan segala fasilitas yang dimilikinya. Pertandingannya yang mana mau diselenggarakan, apakah kelompok yunior atau senior atau dikenal kelompok umum. Begitu juga jenis pertandingannya seperti Tunggal atau ganda, putra ataukah putri. Begitu juga kalau kelompok yunior yang harus dipikirkan adalah kelompok umur 18 tahun, 16 tahun, 14 tahun , 12 tahun dan 10 tahun. Makin banyak kelompok umurnya maka kebutuhan lapangan sangat menentukan. Tetapi ini juga bisa diatasi dengan menggunakan banyak lapangan dengan banyak lokasi. Hanya tingkat kesulitan pelaksana lebih banyak dibandingkan satu lokasi.
Saat ini hanya di Jakarta bisa laksanakan TDP Yunior dis atu lokasi karena jumlah lapangan memadai seperti di Kemayoran dan Senayan.

Sistem pertandingannya juga harus diperhatikan. Beregu berbeda dengan perorangan. Untuk TDP digunakan system gugur ( knock out) dan juga bisa lakukan system consolation. Yang dimaksud dengan consolation adalah pemain yang kalah dibabak pertama (babak utama) masih bisa bertanding melawan yang kalah dan seterusnya sampai mendapatkan hanya juara consolation saja. Tujuannya agar pesertanya masih bisa lebih banyak bertanding. Untuk Turnamen internasional diharuskan selenggarakan tunggal dan ganda.
Kemudian langkah berikut adalah rekruitmen pelaksana turnamen seperti direktur turnamen ( sebagai penanggung jawab turnamen sehari hari), wasit, sekretaris panpel, bendahara, humas, petugas meja, tenaga perlengkapan , kesehatan , fundraising dll. Setelah itu buat anggarannya.
Tenaga Referee akan ditentukan oleh PP Pelti, pelaksana bisa mengusulkan.

Setelah yakin dengan persiapannya, maka langkah selanjutnya kirimkan formulir pendaftaran TDP yang dikeluarkan oleh PP Pelti. Kirimkan formulir TDP tersebut setelah mendapatkan tanda tangan dari PengProv Pelti diwilayahnya masing masing.
PP Pelti akan memberikan petunjuk pelaksanaannya kepada penyelenggara. Dan janga lupa membayar sanction fee ke PP Pelti.

Tidak ada komentar: