Rabu, 09 September 2009

TIPS GIZI Bagi Atlet Yang Berpuasa

Jakarta, 9 September 2009. Bulan Puasa sudah memasuki hari ke 20. Bagi olahragawan ada yang Puasa dan ada yang tidak Puasa khususnya yang non Muslim tentunya tidak puasa.
Sebagai olahragawan yang sedang mempersiapkan diri berprestasi bagi dirinya sendiri ataupun negara tentunya latihan disaat Puasapun tetap dilakukannya.
Ada sekedar Tips Gizi agar tetap bugar menjalankan Puasa, yang bisa saya sampaikan yang saya ambil dari Tabloid ANDALAN :


1. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan begizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unzur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
2. Cegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat, baik diruangan terbuka atau ber-AC.
3. Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakan berbuka dengan minuman hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin. Sebab, asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.
4. Beristrahatlah kurang lebih satu jama sebelum menyantap hidangan utama. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan. Ingat, hindari mengkonsumsi asinan.
5. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian , kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan , kunyah makanan dengan baik.
6. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, konsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
7. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B dan C. Namun kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.
8. Bagi penderita sakit lambung, makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda dan bumbu yang tajam seperti cuka, cabe, asam. Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
9. Jika konsumsi makan/minum kurang tercukupi, dapat dilengkapi dengan konsumsi supplement.

Tidak ada komentar: