Selasa, 18 Juni 2013

Tata Cara Ikuti Turnamen Internasional

Jakarta, 18 Junil 2013. Saya coba berikan panduan untuk petenis putri jika ingin ikuti turnamen tenis internasional. Karena saat ini petenis putri mulai bergairah ikuti turnamen internasional baik di Indonesia maupun luar negeri

Kapan batas waktu pendaftaran turnamen ?
Kamis 18 (delapan belas ) hari sebelum turnamen dimulai (dalam kalender turnamen selalu mulai Senin walaupun kualifikasi itu Minggu mulainya)

Bagaimana caranya mendaftar ?

Melalui internet ke www.itftennis.com, dan harus memiliki IPIN (International Players Identification Number). Jadi daftarkan dulu IPIN kemudian baru daftar turnamennya. Tentunya harus bayar IPIN fee sekitar US$ 45.00 setahun.

Bisakah saya daftar hanya Babak Utama (Main Draw) ?
So pasti bisa asalkan memiliki peringkat dunia (WTA-Tour). Dimana status di terima dibabak utama setiap turnamen akan berbeda tergantung besar kecilnya peringkat peserta yang ikut. Jika belum punya peringkat, bukan berarti tidak bisa ikut. Datang saja ke tempat turnamen dan harus lakukan sign-in babak kualifikasi didepan Referee (biasanya Sabtu sore), dan saat itu juga setelah waktu sign-in ditutup bisa diketahui status diterima atau tidaknya dibabak kualifikasi. Jadi kalau sduah punya peringkat tinggi , bisa saja daftar dengan permintaan babak utama saja. Biasanya petenis yang minta status seperti ini karena mendaftarkan dibeberapa turnamen yang kelasnya berbeda.

Bolehkah mendaftar lebihdari satu turnamen ?
Boleh saja, asalkan dicantumkan prioritas turnamennya dan juga saat waktu pembatalannya (withdrawal deadline) segera lakukan pembatalannya.
Bolehkan bertanding di lebih satu turnamen dalam minggu yang sama ?
Tentunya tidak boleh, dan harus dibatalkan turnamen lainnya.
Bagaimana tahunya kalau status kita di babak utama atau kualifikasi?
Semua bisa dilihat di internet , buka www.itftennis.com kemudian klik women circuit dan cari turnamen, dan jika sudah ketemu jadwal turnamennya maka klik saja entry bisa dilihat daftar peserta yang sudah diterima mulai dari Babak Utama, Kualifikasi dan Alternate (cadangan).
Kapan batas waktu pembatalan ikut serta turnamen ?
Bagi peserta yang diterima di babak utama dan kualifikasi wajib hukumnya kalau tidak ikut harus kirimkan pembatalannya. Waktunya adalah Kamis 13 hari sebelum turnamen dimulai (tidak boleh kurang dari jam 14.00 GMT atau 20.00 WIB). Pembatalan bisa dilakukan dengan online ke www.itftennis.com ,tetapi tidak bisa dengan email saja. Boleh lakukan dengan kirimkan fax ke ITF dengan Formulir Pembatakannya.

Jika pemain diterima di babak utama atau kualifikasi dibeberapa turnamen yang didaftarkannya maka apa yang harus dilakukan ?
Harus segera batalkan turnamen yang tidak dikehendakinya, karena harus memilih satu turnamen saja dalam minggu yang sama. Tentunya sebagai prioritas adalah turnamen yang menerimanya di babak utama.

Tidak ada komentar: