Jumat, 14 Juni 2013

Kategori peserta internasional berbeda dengan nasional

Jakarta, 14 Juni 2013. Sejak tahun lalu sudah pernah diperdebatkan dalam PP Pelti masalah kategori turnamen untuk turnamen internasional yunior di Indonesia karena selain KU 18 tahun (internasional)nya maka diadakan oula KU 16 tahun, 14 tahun dan ditambah KU 12 tahun maupun 10 tahun sebagai selingan.
Memang ditentukan untuk internasional (KU 18 tahun) itu diberikan Kategori J-2 sebagai bentuk kelasnya. Yang jadi pertanyaan adalah apakah KU 16 tahun, 14 tahun maupunlainnya itu juga sama Kategori J02. Jwabannya saya waktu itu dan beberapa rekan di bidang pembinaan yunior katakan tidak sama. Bahkan bisa jadi kualutas pemain KU 16 tahun maupun 14 tahun itu dibawah dibandingkan turnamen nasional lainnya. Kenapa ?

Karena persyaratan nya peserta harus ikuti yang internasional dulu dimana peserta yang kalah dibabak pertama bisa ikut KU 16 tahun atau 14 tahun jika usianya memungkinkan. Artinya bagi petenis yang berkualitas so pasti lolos ke babak kedua. Nah, berarti yang tidak lolos yang ikut ke KU 16 athun atau 14 tahun. Jadi tujuannya adalah semua peserta KU 14 tahun dan 16 tahun diwajibkan ikut yang internasional baru ikut yang nasional jika kalah dibabak pertama kelompok internasional. Jadi bukan khusus ikut KU 14 tahun dsn 16 tahun dan tidak ikut yang internasional.

Tidak ada komentar: