Selasa, 10 Juni 2008

Latihan Olahraga

10 Juni 2008. Sebagai olahragawan masalah latihan sudah merupakan makanan sehari hari jika ingin berprestasi. Karena latihan dalam pengertian sekarang selalu dikaitkan dengan usaha untuk meningkatkan prestasi, mempertahankan prestasi maupun menurunnya prestasi. Kegiatan latihan diartikan sebagai usaha untuk meningkatkan atau mempertahankan prestasi baik di olahraga prestasi, olahraga pendidikan maupun olahraga kesegaran jasmani dan tidak luput olahraga pencegahan dan rehabilitasi.

Kemampuan berprestasi adalah wujud dari keseluruhan kepribadian. Dalam olahraga, kemampuan berprestasi adalah resultante dari sekian banyak kemampuan yang menentukan prestasi, yang dibangun dalam proses latihan yang berlangsung bertahun tahun.

Latihan untuk meningkatkan prestasi baru berarti apabila dilakukan oleh atlet berbakat yang dipengaruhi oleh lingkungan, baik masyarakat, keluarga maupun pekerjaan yang mendukung, dan dilatih oleh pelatih yang berkemampuan tinggi serta adanya sarana olahraga.

Secara umum dikatakan prestasi tinggi terdiri dari kondisi teknik, taktik, bakat dan kepribadian.

Prinsip-prinsip Umum Tentang Latihan Fisik :
A. Kemampuan Fisik
Kegiatan sehari hari setiap manusia membutuhkan kualitas fisik tertentu, dan hal ini lebih dirasakan kebutuhannya oleh olahragawan.

B. Pengertian Kemampuan Fisik
Pengertian kondisi fisik dalam olahraga adalah semua kemampuan jasmani yang menentukan prestasi yang realisasinya dilakukan melalui kesanggupan pribadi (kemampuan & motivasi). Dengan semua kemampuan jasmani tentu saja terdirid ari elemen-elemen fisik yang peranannya berbeda beda dari satu kesiapan kondisi fisik cabang kecabang olahraga yang lain bisa berprestasi lebih baik.
Dengan jumlah kemampuan kemampuan jasmani yang menentukan prestasi di cabang olahraga tertentu, disebut juga sebagai "keadaan latihan".

C. Persyaratan Kemampuan Fisik
Kualitas kemampuan fisik seorang atlet menurut pengetahuan latihan olahraga sat ini, terutama tergantung pada :
1. Perkembanagn usia
2. Bawaan organ secara genetik
3. Mekanisme pengendalian koordinasi system syaraf pusat, jadi kerjasama antara otak, system syaraf dan otot.
4. Kemampuan Psikis perlu untuk merealisasikan kemampuan fisik. Dalam olahraga sifat sifat yang paling utama adalah kemauan keras, percaya diri, motivasi berprestasi. Disamping itu sifat siafr psikis yang lain juga diperlukan seperti gairah, kegembiraan, agresif, rangsangan emosi, vitalitas dan temperamen
5. Usia latihan
(Dikutip dari Buku dari KONI Pusat, Latihan Fisik Olahraga oleh Drs. Paulus L Pesurney)

Tidak ada komentar: