Minggu, 22 Juni 2008

Bisakah Sign-in per telpon Dilakukan ?

23 Juni 2008 Jawaban yang pasti adalah, sign-in harus dilakukan didepan Referee. Memang beberapa turnamen nasional selama ini sign-in dilakukan bukan didepan Referee tetapi didepan petugas turnamen (Tournament Desk) Tetapi jika melihat Referee asing yang selama ini bertugas sendiri , Referee tidak mau menerima jika oleh petugas Panpel lainnya lakukan sign-in tidak didepannya.
Tangung jawab Referee atas turnamen sangat besar sehingga Referee tidak mau karena kesalahan orang lain (Panpel) sehingga Referee yang bertanggung jawab. Tetapi kebijaksanaan selalu ada bagi setiap petugas Referee. Maksudnya Referee mau menerima permitaan dengan telpon jika Referee yakin betul sehingga berani menerima resiko atas keputusannya.

Referee yang berani ambil resiko ini tentunya sudah berpengalaman. Bagi yang belum apalagi tidak kenal peserta turnamen tentunya akan menolaknya.
Selama ini banyak petenis Indonesia khususnya turnamen nasional lakukan hal ini dan Referee bersedia menerimanya. Bahkan turnamen internasional yunior, Referee asal Indonesia brani lakukan sign-in per telpon.
Yang menjadi masalah jika bukan Referee yang menerima permintaan telpon dan mengabulkan permintaan tersebut.

Tidak ada komentar: