Senin, 03 November 2008

Kesabaran, Perencanaan, Disiplin dan Melibatkan diri

3 Nopember 2008. Sukses yang benar makan waktu, dukungan, disiplin dan ketekunan. Ini juga membutuhkan investasi diri sendiri. Menyita waktu ratusan jam di lapangan sebagai perjalanan seorang atlet untuk mencapai puncak dan semua atlet yang mencapai puncak dari permainannya akan menceritakan Anda bahwa akan memakan waktu lama untuk meningkatkan kemampuan tetapi banyak butuh dana sepanjang perjalanannya.

Disamping habiskan waktu , bagaimana menanamkan penampilan sendiri. Banyak caranya, sebagai contoh setiap hari membaca buku, berarti menanamkan pengetahuan. Setiap buku yang dibaca akan membuka pandangan informasi baru, memperbaiki kemampuan belajar, meningkatkan pengetahuan. Sudah sering membaca buku selama berbulan bulan, sehingga merasakan buku tersebut hanya menghabiskan waktu saja. Tetapi setelah membaca , katakan saja 100 buku , maka akan terasa ada yang baru dari buku tersebut. Sebagai pelatih seharusnya mencari sebanyak informasi baru untuk kepentingan atlet sendiri.

Bagaimana dengan Kesabaran ?
Bisa dipercaya sebagai mantan atlet dan sekarang sebagai pelatih, kesabaran salah satu yang tersulit dan tantangan untuk menjadi atlet profesional. Semua menginginkan kesuksesan dan diinginkannya sekarang juga. Setiap waktu melengkapi semua pekerjaan tanpa melihat kondisi tubuh berubah atau penampilannya telah berubah. Kenyataannya, tidak ada perubahan. Tetapi ketika mulai konsisten dalam waktu panjang dan efort dalam pekerjaan ini akan membuat perubahan dalam penampilan ditahun mendatang. Strength, endurance, power, felxibilty dan speed akan datang sebagai micro improvement saat itu.

Ketika ada cidera, bukan karena obat, rehab, atau perubahan jadwal yang sangat sulit, tetapi kesabaran dan membiarkan waktu dari cidera sehingga sembuh. Cidera, sangat disayangkan adalah bagian dalam karir atlet profesional. Setiap atlet akan alami cidera dalam kariernya, bisa cepat atau lambat . Kuncinya adalah kesabaran.

Bagaimana dengan Nutrisi ?
Disini terlihat bagaimana kita makan dan menjaga diri sendiri. Disini pula harus ada disiplin diri sendiri. Disamping disiplin tentunya dituntut adalah kesabaran

Tahap berikutnya adalah Perencanaan.
Mulai dari mencatat 2 goals yang mudah saja yang bisa dicapai dalam 3 area performance :
1. Mindset ( self improvement like self-talk or reading)
2. Nutrition
3. Movement (exercise)

Ketika anda mengambil kesempatan sejenak untuk merencanakan dan mulai bekerja di performance area yang sudah diidentifikasi seperti memperbaiki dalam berbicara (self talk) atau kebiasaan makan, juga ada kemungkinana tidak terlihat sesuatu perubahan dalam penampilan jika area ini secara kosisten sepanjang waktu. Dengan perlahan maka confidence akan meningkat, konsentrasi akan ada perbaikan dan midsetser akan menjadi kuat dan lebih disiplin.

Jika untuk menjadi besar , lebih baik melihat kedepan, mulailah dengan beberapa small daily investment dalam diri sendiri hari ini dengan sedikit kesabaran
(Diambil dari Medicine and science in tennis, karangan Allistarir McCaw)

Tidak ada komentar: