Senin, 18 Februari 2008

"Kenapa Bolanya Out. Apa Yang Salah ?"


Ini satu ilustrasi dalam latihan petenis yunior. Pertanyaan yang tepat karena pelakunya tidak tahu masalahnya dan mau bertanya. Ini menunjukkan petenis tersebut cerdas otaknya. Mau jadi petenis tangguh harus cerdas sehingga bisa jadi juara. Ini suatu kebiasaan yang harus diterapkan jika ingin maju. Seorang Petenis itu harus cerdas, karena tenis olahraga individu sehingga selain tenaga tentunya dibutuhkan kecerdasan terutama didalam lapangan sudah harus bisa lakukan sendiri baik dalam analisa maupun membuat keputusan.

Jawabannya adalah ….pukulan out itu sudah benar , yang salah adalah Decision Making yang dibuat sehingga bola out. Kenapa lakukan pukulan disaat yang tidak tepat. Pukulan dilakukan harus melihat juga oncoming ball, apakah bola itu low atau medium atau high sehingga beda antisipasinya. Kalau low tanyakan kira kira apa yang harus dilakukan, jangan berikan dulu jawabannya, usahakan agar dia berpikir sendiri, jika belum terjawab baru beri contoh yang simple sehingga jawabannya akan keluar dari petenis sendiri.
Tunjukkan perbedaannya untuk medium dan high. Disini yang harus ditekankan adalah atlet harus mulai diasah untuk berpikir karena kalau sudah didalam lapangan pelatih tidak bisa berperan karena ada aturan yang melarang ikut campur pelatih saat atlet bertanding yang dikenal dengan larangan coaching selama permainan

Tidak ada komentar: