Rabu, 05 Agustus 2020

TIPS SEBELUM BELI SEPATU ; Tes Kaki

Jakarta, 5 Agustus 2020. Inilah cara untuk mengetahui jenis kaki, sebelum membeli sepatu yang paling sesuai untuk Anda. Soalnya , hampir semua sepatu dibuat untuk orang berkaki normal, sedangkan kenyataannya ada 40 persen yang kakinya tidak seperti orang lain. Orang yang kakinya berlengkung telapak tinggi atau rendah , agak sulit mencari sepatu yang betul betul  pas baginya. Padahal kalau salah pilih , maka sepatu akan menjadi siksaan baru bagi dirinya. Karena itu ketelitian dan kesabaran dalam memilih sangat diperlukan.  

Untuk mengetahui jenis kaki Anda cobalah tes cetak basah telapak kaki terlebih dahulu. Lalu perhatikan bentuknya baik baik.

Kaki berlekuk telapak rendah: Kaki berlekuk telapak rendah akan menjadi rata telapaknya kalau diinjakkan. Tumit, kala dilihat dari belakang, penyok keluar . Cetak basah kaki orang yang bertelapak rendah akan terlihat lengkap dari tumit sampai ke ujung jari,  kecuali lengkungannya. Pemain bertelapak kaki rendah sebaiknya menggunakan sepatu berpenopang tumit yang keras, yang bagian depannya pas betul dan yang bagian belakangnya punya daya  kestabilan tinggi, beralas lembut di bagian dalamnya terutama di bagian tengah serta telapak bagian tengahnya lebih lembut pula dari bagian bagian yang lain.

Kaki berlekuk telapak tinggi : Lekuk telapak akan tetap berbentuk lengkungan sekalipun sedang menopang seluruh berat tubuh. Tumit, dilihat dari belakang , seperti meliuk kedalam . Cetak basahnya nyaris tanpa bagian tengah telapak kaki. Karena itu sepatu yang sesuai bagi kaki seperti ini ialah yang betul betul lembut dan punya daya mobilitas tinggi.

Kaki lengkung: Karena bentuknya yang seperti tanda baca koma, maka cetak basahnya mirip bentuk bulan setengah. Bagi mereka yang seperti ini dibutuhkan sepatu yang telapaknya melengkung ke arah jari-jari kaki, serta yang punya daya lentur dan kelembutan yang tinggi.

Kaki normal : Untuk 60 persen orang yang beruntung memiliki kaki berbentuk normal, tak sulit mencari sepatu yang seusai bagi mereka. Cetak basahnya orang berkaki normal terlihat meramping di bagian tengahnya. Semua garis garisnya kelihatan wajar dan bagian dalam lengkung kakinya lebih sehat, karena tidak harus terlalu berat menopang bobot badan *** World Tennis.

Tidak ada komentar: