Sabtu, 08 Agustus 2020

Mengapa Orang Berdansa ?

Jakarta, 7 Agustus 2020. Keinginan berdansa/menari merupakan insting dasar manusia sejak manusia diciptakan. Berdansa & menari tidak dapat dipisahkan dari ritual dan kehidupan manusia. Dansa adalah suatu gerakan badan sesuai dengan ritme tertentu yang dilakukan dalam suatu acara tertentu pula.

Berdansa adalah merupakan ekspresi dari emosi sebagai alat untuk menyalurkan energi yang berebih atau sebagai sumber kegembiraan.

Ballroom dance seperti yang kita kenal sekarang ini merupakan kristalisasi yang panjang dari berbagai jenis dansa yang ada dimuka bumi ini, khususnya dari Eropa Amerika, Afrika dan Amerika Latin. Beberapa diantaranya adalah Cha-Cha, Rumba, Jive, Waltz, Tango, Foxtrot, Quickstep, Samba, Viennese Waltz,Rock n Roll, Paso Doble dan Salsa.

Penyusunan penilaian/perwasitan yang dibakukan oleh The British Council of Ballroom Dancng memungkinkan dilaksanakannya pertandingan lokal, nasional maupun internasional menurut aturan  Standard tertentu.


Berdansa dapat dilakukan berpasangan ( seperti Ballroom Dance) , sendiri sendiri atau berkelompok ( seperti line dance).Dansa sendiri sendiri dalam suatu kelompok memungkinkan orang berdansa walaupun tanpa pasangan. Line dance sangat populer karena relatif dapat dilaksanakan dinanapun dan gerakkannya yang tidak  terlalu sulit untuk dipelajari. Beberapa diantaranya adalah: rock-rock, disco, country (achy breaky heart), dangdut country, tari melayu ( chindai), breakdance, asereje, pulse dance. 

Pengakuan masyarakat dunia terhadap dansa ini , dibuktikan dengan dipertandingkannya cabang olahraga sport dance pada Olimpiade Athena, Yunani 2004.

Sebagai dansa  sosial (social dance) baik ballroom dance maupun line dance, terutama mulai tahun  2001 ini sangat populer di Indonesia, baik dikalangan orang muda maupun orang tua Acara acara keluarga ataupun komersial seperti di televisi banyak menayangkan acara dansa yang mendapatkan tangapan yang baik dan masyarakat.

Pada HUT nya yang ke 80, POR MAESA bekerja sama dengan IODI ingin lebih memyarakatkan olahraga dansa anatra lain dengan diadakanannya pertandingan Sport Dance Maesa Open 2004.

Orang Minahasa senang berpesta dan berdansa baik dalam acara Ulang Tahun, hari angkat Sidi, Pernikahan, naik rumah baru, malah dalam acara kematian dan prosesinya. Itulah sebabnya terdapat sebuah  ungkapan " Menadonese is dansende geborn en dansende gat chij het draf in " Orang Menado sedang berdansa ketika ia lahir dan berdansa sampai ia masuk liang

Benarkan ini !!! ***

Tidak ada komentar: