Rabu, 12 Agustus 2020

Penting Bagi Petenis Pemula ( 6 )


Jakarta, 12 Agustus 2020 Wasit, Hakim Garis , Referee.
Wasit duduk di atas kursi di lapangan dan menghitung angka, dia dibantu oleh hakim garis,  yang terakhir ini memutuskan setiap bola apakah masuk atau keluar ( bola dikatakan masuk jika bola itu jatuh di dalam atau pada setiap bagian dari garis ).  

Referee memegang pimpinan dari satu turnamen dan membuat keputusan berdasarkan permintaan wasit atau pemain dengan berpegang pada peraturan yang telah ditetapkan , menghentikan permainan karena gelap atau hujan, membatalkan seorang pemain karena terlambat tiba atau karena tingkah lakunya dan sebagainya.

Menyilang lapangan ( crosscourt), down the line
Bola yang menyilang lapangan adalah bola yang datang dari satu pojok ke pojok yang berlawanan secara diagonal, sedang  “ down the line “ bola yang datang langsung dari satu sisi ke sisi yang berlawanan.

Topspin, underspin, flat, chip, chop,block.
Disini ditunjukkan spin (atau sedikit spin) yang dilakukan pada bola, Pada pukulan topspin permukaan raket membentur atas bola sehingga menjadikan bola itu memantul sangat cepat ke depan. Pada pukulan underspin, permukaan raket membentur secara tipis bagian bawah bola sehingga bola itu melambung pelan ( menggantung ) diudara.


Topspin merupakan pukulan serang , underspin sering digunakan sebagai “ pendekatan “ ( pemain  melepaskan pukulan cepat ketika mendekati jaring ) dengan demikian  pemain itu mempunyai waktu mendekati jaring untuk bersiap melakukan pukulan volley. Banyak pukulan underspin dilancarkan melalui pukulan backhand karena pemain merasa lebih bisa mengontrol pukulan.

Suatu pukulan flat tidak mengandung spin hanya gaya berat yang membawa bola itu masuk ke dalam lapangan. Pukulan  chip dan chop adalah pukulan pendek hampir menyerupai gerak pukulan volley (pukulan chop sedikit lebih lama dari pada pukulan chip ), biasanya digunakan untuk mengembalikan bola servis, karena bola servis terlalu keras untuk ditahan atau untuk menjadikannya jatuh mendekati jaring. 
Pukulan block merupakan pukulan ground stroke tanpa ayunan raket kebelakag (backswing), biasanya digunakan untuk memukul masuk bola servis yang keras atau pukulan ground stroke yang sangat keras ( seorang pemain bisa juga mem”block”pukulan volley dengan memegang kuat raket dan semuanya itu adalah pukulan yang keras)

Ace, cannonball, penempatan
Ace adalah bola servis yang tak dapat dikembalikan (Penerima servis bahkan tak dapat menyentuhnya). Cannonball merupakan servis yang sangat keras  yang dapat atau tidak dapat dikembalikan oleh Penerima servis. Penempatan adalah menempatkan  bola  pada setiap pukulan kecuali bola servis (penempatan bola servis di sebut “ aces”)

Tiebreak, Sudden Death
Apablia game mencapai enam sama (kadang kadang satu turnamen menggunakan tiebreak (baca taibrik) pada angka 8 sama) maka game tiebreak dimainkan. Set yang dimenangkan paling sedikit membutuhkan dua game. Pada dua belas angka tiebreak , pemain yang lebih dulu memperoleh  tujuh angka memenangkan set tersebut tapi paling akhir harus mempunyai selisih dua angka dengan lawannya, Dia  bisa memenangkan dengan tujuh angka lawan empat atau tujuh angka lawan lima, tapi tidak dengan tujuh lawan enam , dan bila angka mencapai kedudukan demikian , jumlah angka harus sampai pada salah seorang pemain yang memenangkan dua angka. Tiebreak Sudden Death mengumpulkan sembilan  angka dan dimenangkan oleh pemain yang lebih mencapai angka lima , dia tidak memerlukan selisih dua angka dan dapat dimenangkan dengan lima angka lawan empat.***


Tidak ada komentar: