Jumat, 14 Agustus 2020

Kunci Servis Dalam Permainan Ganda


Jakarta, 12 Agustus 2020 Dua petenis besar pada zamannya,  Dennis Ralstan dan Cliff Drysdale   memberikan enam kunci untuk keberhasilan pukulan servis pertama dan kedua dalam permainan ganda . Enam kunci untuk pukulan servis pertama menurut Dennis Ralstan ialah

1.  Jangan Berdiri terlalu dekat ke titik  tengah. Adalah penting untuk menempatkan diri anda ditengah-tengah antara titik tengah dan alley. Posisi ini menciptakan sudut yang lebih baik pada pukulan servis anda dan untuk memotong bola sudut dari pengembalian lawan anda. “ Saya mendapatkan”; kata Dennis Ralstran, “ dengan bergerak secara diam-diam kedepan alley beberapa kaki untuk melakukan pukulan servis,  lawan saya gagal melakukan pengembalian menyilang terhadap pukulan servis yang melebar”.

2.       Pendapat umum mengatakan, anda  harus berusaha agar pukulan servis yang pertama itu masuk, ini tidak berarti anda harus melakukan pukulan yang empuk sehingga kecepatan bola hanya tiga perempat dan secara lemah masuk kebidang servis. Ada beberapa pemain yang menjadi tegang bila tak diizinkam melakukan swing terhadap bola dan memukulnya secara sungguh sungguh. Jika hal ini terjadi pada diri anda, maka santai saja, kemudian  ayo hantam saja bola itu dengan keras untuk beberapa pukulan servis pertama. Mungkin beberapa pukulan servis itu akan gagal tapi yang pertama ialah secara mendasar irama pukulan servis anda akan sama


3.       Berkomunikasilah dengan partner anda, biar ia tahu ke mana akan anda arahkan pukuan servis pertama. Misalnya, jika anda akan melakukan pukulan servis yang melebar di lapangan ganda, dia harus tahu dengan demikian ia dapat menutup lapangan, untuk pengembalian bola yang menyusur garis.

4.       Lakukan pukulan servis pertama dengan arah yang berpindah pindah,  jangan hanya pada satu arah. Anda kan tidak ingin lawan anda itu bisa menduganya tapi mengharapkan agar ia menjadi bingung.

Jika seseorang mampu memukul kembali servis pertama anda, bahkan pukulan servis yang anda rasa baik , bahkan partner anda yang memotong  bola pengembalian itu dengan demikian lawan bisa bingung. Ide yang baik lainnya ialah membuat formasi satu garis dengan partner anda di depan jaring untuk memaksa lawan melakukan pukulan yang menyusur garis dalam pengembaliannya.

5.       Arahkan secara tepat dan langsung ke badan lawan setiap kali melakukan servis.

     Pukulan Servis Kedua.
 Untuk pukulan servis kedua, Cliff Drysdale mengemukakan sebagai berikut 

Pukulan servis kedua harus sebaik pukulan servis pertama. Sekalipun pukulan servis pertama anda itu yang terbaik, namun hasilnya  aksn lebih dari 75  % pukulan itu masuk. Jadi pada akhirnya anda harus mengembangkan pukulan  servis kedua yang sama baiknya dengan pukulan servis pertama. Suatu hari bila pukulan servis kedua anda itu 50 % bisa masuk, maka pukulan servis kedua yang  sukar dikembalikan akan menjadi penting artinya

Arahkan pukulan servis kedua pada bagian yang lemah dari lawan. Anda tentu tak ingin lawan anda mempunyai kesempatan untuk menutup bagian lemahnya.untuk kemudian melakukan pukulan yang keras kearah kaki anda. Jika ini terjadi berbahaya . Jadi, bila anda tidak memukul bola servis yang kedua itu sekeras seperti biasa anda harus secara pasti mengarahkannya ke bagian lawan yang mudah diserang.

Jangan banyak melakukan percobaan dengan pukulan servis kedua. Untuk pukulan servis pertama anda bisa mengembangkan percobaan untuk melakukan pukulan pukulan yang berbeda tapi setelah itu usahakan sedapat mungkin bola itu hidup dengan pukulan yang dalam ke bagian yang lemah dari lawan

Lakukan pukulan mengeleledek pada servis kedua bila anda menghadapi lawan yang melakukan pukulan slice pada backhand dalam pengembalian  bolanya. Pukulan pukulan servis kedua karena partner anda tak mungkin tak bisa membantu anda. Pada hakekatnya anda berada sendirian dengan bola kedua itu, Jadi harus secepatnya mengambil posisi untuk melakukan pukulan volley yang pertama. Anda mempunyai banyak waktu untuk bertindak demikian, karena pukulan servis kedua itu lambat jangan terpaku di tengah lapangan yang keras akan memberikan pada anda kesempatan bila anda berada dekat jaring karena bola itu akan memantul tinggi. Adalah sulit memang menghadapi pemain yang dalam pemgembalian bolanya melakukan pukulan slice pada backhand.

Lakukan pukulan slice pada servis kedua ke arah backhand lawan yang melakukan pukulan topspin.

Menyerbulah ke depan jaring secepat mungkin setelah melakukan pukulan servis kedua karena partner anda tak mungkin bisa membantu anda. Pada hakekatnya anda berada sendirian dengan bola kedua itu, jadi harus secepatnya mengambil posisi untuk melakukan pukulan volley yang pertama. Anda mempunyai banyak waktu untuk bertindak demikian karena pukulan servis kedua itu lambat. Jangan terpaku di tengah lapangan. ***. 



6.        

2 komentar:

hlm mengatakan...

Cluadio nihh..

Oche Cheefriejelousz mengatakan...

Asuspoker adalah Situs IDN Poker dengan Bonus Member Baru Terbesar dan Bonus Deposit Terbesar di Asia.

Nikmati Beragam Promo Bonus Terbesar di ASUSPOKER :
►Bonus New Member 50%
►Bonus Next Deposit 10%
►Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
►Bonus Referral 15%