Sabtu, 08 Agustus 2020

Penting Bagi Petenis Pemula

Jakarta, 8 Agustus 2020.  Apa perlengkapan tenis yang perlu dimiliki ? Sebuah raket, sepatu tenis , kaos kaki dan bola tenis ( lebih baik menggunakan sebuah bola saja bila Anda seorang petenis pemula). Di lapangan  di mana anda akan bermain, jika tidak ada peratruran yang melarang " serba putih "  anda juga perlu memiliki celana pendek dan kaod putih ( untuk pria ) atau pakaian tenis berupa rok pendek dan kaos putih (untuk wanita).

Bagaimana sebaiknya saya memilih raket ?
Raket yang akan anda pilih di tentukan oleh ukuran tangan anda, bobot anda, kekuatan dan " kantong " anda. Secara garis besar dapat digolongkan seperti dibawah ini "

Anak laki laki dan  dibawah 10 tahun : 11 1/2 s/d 12 1/2 ons (bobot tertinggi ) ukuran peganga
n pukul rata 4  1/4  inci  s/d  4  3/8 inci
Anak laki laki atau wanita di bawah 5 kaki 2 inci : 12  1/2  s/d  13 ons, ukuran pegangan 4  1/4  s/d  4 3/6 inci.
Wanita  (kecil) 12  1/2  s/d  13 ons, ukuran pegangan 4  1/4  s/d   4  3/8 inci. Wanita (rata rata)  13  s/d 13  1/2 ons, ukuran pegangan 4  1/4  s/d  4  3/8 inici. Pria : 13  1/2  s/d  14  1/2  atau 15 ons , ukuran pegangan 4  5/8  s/d  4  7/8 inci.

Pria : tidak harus membeli raket yang berat untuk membuktikan bahwa ia jantan dan kuat. Banyak  petenis  yang baik lebih  suka memakai raket yang ujkuran beratnya  sedang. Gagang  raket merupakan masalah kunci bagi ukuran tangan anda. Kebanyakan  petenis lebih menyukai raket yang memiliki keseimbangan yang sama atau lebih ringan sedikit di bagian kepala ( hampir semua raket dari metal dibuat demikian ).


Model raket biasanya sesuai dengan harga yang anda bayar, tapi bagi petenis pemula dapat menggunakan yang murah, sebuah raket yang tidak mahal tapi tidak sampai merusak permainan. Petenis  tingkat menengah akan menginginkan raket yang lebih baik dan bersamaan dengan itu akan timbul pula pikiran apakah mereka akan membeli raket kayu (kuat dan lentur), baja, aluminium, fiberglass atau yang dilapis. raket  yang murah, senarnya terbuat dari nilon karena harganya lebih murah dari tali kulit. Petenis  petenis yang baik umumnya menggunakan raket yang mahal dengan tali senar terbuat dari kulit, tapi kebanyakkan juga menggunakan raket kelas 2 dengan tali senar dari nilon untuk main di lapangan yang lembab.  

Untuk bisa bermain tenis , haruskah saya belajar dengan seorang professional atau dengan melihat saja
Untuk menghilangkan kebiasaan buruk anda akan lebih mudah jika anda mengambil pelajaran pada seseorang. Tapi jika didaerah tidak ada pemain pria, beilah buku buku tentang tenis dasar dasar bermain tenis. Perhatikan gambar gambar yang tertera dalam buku itu  dengan cermat, kemudian cobalah menirukannya didepan kaca panjang . Cara  ini adalah lucu tapi bisa dan harus dilakukan,  Namun lakukanlah dengan hati hati , jangan terlalu cepat, nanti bisa membingungkan anda sendiri.

Dengan waktu hanya 15 menit dapatkah saya belajar bermain tenis ?
Terlalu sedikit yang bisa diperoleh dengan waktu hanya 15 menit. Andaikata anda seorang yang rapuh dan cepat letih bila mulai, cobalah cari teman yang dapat memberikanwaktunya selama setengah jam bersama anda,

Umur berapa seharusnya memulai tenis ?
Anda bisa memulai daei umur 5 atau 6,5 tahun Tidak ada waktu yang "terlalu capat" atau "trerlalu lambat"

Jika umur Anda lebih dari 40 tahun masih bisakah belajar bermain baik ?
Ya, Bahkan banyak yang memulai pada umur 50 th telah memperoleh kemajuan yang menggembirakan dalam pertandingan, sedikitnya cukup baik untuk menjadi partner yang dapat din\andalkan

Baikkah pikiran  ingin belajar dengan berbagai gurutenis yang berbeda untuk mendapatkan  bagaimana  cara bertanding yang baik"
Tidak.  Jika anda merasa guru anda tidak membantu anda atau anda tidak mengerti apa yang dikatakannya, atau jika anda setelah belajar  dengan dia, anda merasa tertekan, cobalah cari guru yang lain. Jika  anda memperoleh pengalaman yang sama juga dengan guru kedua dan ketiga maka masalahnya terletak pada diri anda, bukan pada guru. Pelajaran  itu dibayar dengan uang , jadi lakukanlah secara benar apa yang diminta oleh guru (jangan membantah), dan bila anda tidak mengerti  mintalah padanya untuk menjelaskannya dengan praktek, apa yang salah anda lakukan dan apa yang dia inginkan anda lakukan.

Apabila anda sedang berlibur dan ingin memperoleh pelajaran dari seorang guru di hotel anda bisa memperhatikan pendekatannya yang berbeda dan anda akan mempunyai dasar untuk membandingkan dua cara yang berbeda itu.***










 \.  

Tidak ada komentar: