Rabu, 12 Agustus 2020

Penting Bagi Petenis Pemula ( 5 )


Jakarta, 12 Agustus 2020.  Lob. Bola  yang diarahkan tinggi ke udara melewati kepala pemain yang berada dekat jaring. Jika itu pukulan lob bertahan (defensive lob) maka bolanya adalah tinggi ; sedang yang disebut pukulan lob serang (aggressive  lob) memiliki topspin ( raket membentur ujung bola ) yang menjadikan bola memantul lebih cepat menuju pagar dari pada pukulan lob bertahan berupa bola tinggi tanpa spin.

Passing shot. Suatu pukulan terobosan yang melewati pemain di depan jaring ( ke arah kanan atau kiri). Suatu pukulan lob (melewati kepala pemain yang berada di depan jaring ). Bisa juga dianggap pukulan passing shot.

Overhead. Suatu pukulan terhadapbola tinggi(lob) oleh lawan dalam situasi mengembalikan bola baik sebelum atau sesudah memantul pada titik yang tepat di atas kepala seperti dalam gerak melakukan pukulan servis.

Net. Setiap bola yang nenyentuh jaring dan memantul kedalam lapangan. Bola itu tetap dalam permainan.


Let (pukulan ulang). Setiap bola servis yang mengenai jaring kemudian kedalam bidang servis yang tepat, Maka pukulan servis itu harus diulang. Pukulan ulang juga bisa dilakukan untuk mengulang angka karena adanya gangguan (seekor anjing berlari di atas lapangan, hakim garis mengoreksi keputusannya, sebuah bola bergulir dari lapangan lain ke dalam lapangan dsb) ,

Servis pertama. Seorang pemain dibolehkan melakukan dua pukulan servis. Apabila pukulan servis pertama tidak masuk , dan dibolehkan melakukan pukulan servis kedua.

Garis belakang (baseline). Garis yang terdapat di bagian belakang lapangan yang sejajar dengan pagar.

Garis servis. Garis yang  memotong lapangan permainan antara garis belakang dengan jaring dan sejajar.

Bidang forehand.  Sisi kanan dari lapangan. Sisi kiri disebut bidang backhand.

Alley.  Bidang yang terletak diantara dua garis sisi yang sejajar di kiri dan kanan lapangan, yang digunakan hanya untuk permainan ganda. Dalam permainan ganda bidang ini “ dihitung” (jika bola jatuh di bidang  ini tidak dihitung “keluar” ) kecuali pada waktu melakukan pukulan servis.

15, 30, 40, love, ad, game, set pertandingan. Sistem perhitungan   angka. Angka pertama 15, yang kedua 30, ketiga 40 dan  keempat game. Bila angka mencapai 40 sama, dia tidak di sebut 40 sama , melainkan “ deuce” (baca jus) dan sejak itu ,   untuk mencapai game seorang pemain harus memenangkan dua angka.  Angka berikutnya bila dimenangkan oleh seorang pemain merupakan angka “ keuntungan” (advantage atau ad ) bagi pemain tersebut. Bila pemain yang sama itu memenangkan lagi angka selanjutmnya , maka game dimenangkan olehnya. Tapi bila dia gagal, kedudukan Kembali menjadi deuce. “ Love” berarti kosong , jadi 40-0 adalah “ Tiga angka lawan kosong “. Dalam memenangkan set seorang pemain membutuhkan enam game tapi seorang pemain harus dapat menenangkan set dengan dua game ( 6-4, 7-5, 8-6 dan seterusnya) kecuali tie break ( baca taibrik) digiunakan . Seorang pemain telah nmemenangkan pertandingan bila dia merebut dua ( the best for three) atau sdalam beberapa kejuaraan untuk pria tiga set ( the best of five)[i]. Suatu pertandingan bisa berlangsung tiga set, apabila setiap pemain nemenangkan satu set, set ketiga ditetakan bagi pemenang.

Tongkat jaring. Tongkat penunjang ini tingginys 1,07 m ditempatkan antar garis sisi dan garis alley (bidang ganda) untuk permainan tunggal . Dia tidak digunakan untuk permainan ganda.***



[i] T

Tidak ada komentar: