Selasa, 11 Agustus 2020

Penting Bagi Petenis Pemula (4 )


Jakarta, 11 Agustus 2020. Istilah -istilah tenis apa yang harus saya ketahui ?
Forehand, backhand, posisi siap, servis, American twist, servis slice. Volleystroke,  volley. Rally, dropshot, drop volley, half volley., lob volley, let, servis pertama, garis belakang, garis servis, lapangan forehand, alley, 14 ,30, 45. Love, deuce, ad, game, wasit , hakim garis , referee, crosscourt, down the line, topspin, underspin, flat, chip, chop, block, ace, cannon ball, penempatan, tie break, sudden death, turnamen, seeded, ranking, draw, “first good one”, “ take  two “ , “ not up ”, “ 6-2 ”, “ 4-6 “, best of three, best of five, Junior, Senior, Junior Vet, Wimbledon dan Forest Hill, adalah istilah yang perlu diketahui drbagai permulaan. Definisi istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut :

Forehand. Adalah pukulan bawah (ground stroke), bola datang melampaui jaring dan memantul sekali kearah sisi kanan tubuh anda (jika anda pemain kanan). Pukulan tersebut terdiri dari ayunan ke belakang dan ayunan lanjut (followthrogh) dalam memukul bola.

Backhand. Suatu pukulan groundstroke dari sebelah kiri anda ( jka anda pemain kanan).

Posisi siap  (ready position). Cara berdiri yang diambil pemain dalam menunggu datangnya bola. Biasanya dengan kaki yang sedikit terbuka , bahu membungkuk, dengkul agak di tekuk dan raket di tangan kanan berayun-ayun dalam tangan kiri. Posisi siap ini biasanya ditengah lapangan bagian belakabg dan garis belakang  (baseline).

Servis. Bola yang mulai dipukul pertama kali untuk mendapatkan angka. Pemain melambungkan bola ke atas kemudian memukulnya dengan ayunan raket mengarah ke bawah ke bidang servis lawan, Jika pemain itu gagal melakukan pukulan servis karena bola nyangkut di jarring atau keluar dari bisang servis, dia diperbolehkan melakukan pukulan servis kedua tanpa hukuman.

American Twist. Suatu model pukulan servis dimana permukaan raket membentur bola dari kiri ke kanan dengan titik akhir ayun-lanjut jatuh melewati kaki kanan. Pukulan ini menjadikan bolabjatuh kearah backhand si penerima servis.

Pukulan servis slice. Suatu pukulan di mana raket membentur bagian kanan bola dan titik akhir ayun-lanjut melewati kaki kiri. Pukuan servis ini lebih effektip bagi kebanyakan petenis dari pukulan American Twist.

Volley. Pukulan terhadap bola sebelum memantul di lapangan anda, biasanya anda berdiri dekat dengan jaring agar dapat memukulnya sebelum membentur tanah
Rally. Setiap   perpindahan bola dari lapangan bagian belakang,

Dropshot. Suatu pukulan spin yang membuat bola sedikit saja jatuh melampau jaring. Suatu pukulan dropshot yang baik menjadikan bola memantul rendah , sedang dropshot yang jelek menyebabkan bola memantul tinggi atau lebih lama dari yang diharapkan dengan demikian bola diangkat ( lebih mudah) oleh lawan

 Drop volley. Suatu pukulan volley dengan spin-balik sehingga bola begitu jatuh melampaui jaring lalu mati (tidak memantul kedepan)

Half volley. Pukulan terhadap bola yang baru saja memantul atau naik dari tanah. Dia dikembalikan dengan ayunan raket ke belakang (backswing) yang lebih oendek dari pada pukulan groundstroke.

2 komentar:

FREYA mengatakan...

Mksh om wawasan nya, klo boleh lengkapi skalian om penjelasanya

REMAJA TENIS INDONESIA mengatakan...

Belum selesai