Kamis, 13 Agustus 2020

Pentingnya Bermain Ganda


Jakarta, 13 Agustus 2020.Bermain ganda merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan gerak reflek, footwork, dan kecepatan. Dengan bermain ganda anda harus memaksa diri supaya dapat bergerak lebih cepat jika anda ingin bermain tenis dengan baik.

Selain itu, anda masih memerlukan mental yang tinggi, siap menyerobot bola, bersiap-siap menerima hasil “pengaturan” pasangan anda dan menguji gerak reflek anda dalam rally yang panjang . Bermain ganda tidak hanya membuat anda bergerak lebih cepat tetapi juga dapat meningkatkan dan mengembangkan permainan tunggal anda.

Banyak diantara petenis sebagai pemain tunggal lebih cenderung berada di lapangan bagian belakang. Tapi jika anda sering bermain ganda, anda akan mendapat kesempatan mengembangkan pukulan pukulan anda. Dalam permainan ganda anda dapat menguasai bola pendek, bola rendah, setengah volley dan volley ringan.

Betapapun hebatnya Bjorn Borg dan Jimmy Connors, namun mereka akan lebih hebat lagi sebagai pemain tunggal bila tadinya mereka sering turut dalam pertandingan pertandingan ganda.
Borg dan Connors memiliki kelemahan yang sama yaitu pukulan pukulan rendah dekat jaring, setengah volley dan volley rendah . Mereka kehilangan kesempatan meningkatkan keterampian karena bermain ganda.

Nah anda, juga dapat mengambil pelajaran dari kelalaian mereka. Jadi, bermain gsnda dapat dipastikan akan membuat pukulan anda lebih cepat dan tajam.
Seringkali anda harus maju ketengah  setelah melakukan pukulan servis dalam permainan ganda untuk memotong bola sudut yang dilancarkan oleh Penerima servis. Jika pukulan-pukulan servis anda itu melebar dilapangan sekalipun si Penerima servis mempunyai kelemahan dalam pukulan forehand, dia masih bisa mengembalikan dengan tajam menyilang jaring juga akan memudahkan untuk memukul bola kearah kaki anda dan menjadikan partnernya bergerak ke jaring.

Menurut Jack Kramer , dalam permainan ganda yang paling baik melakukan pukulan servis ke arah tengah, tetapi ini banyak tergantung pada kesempatan anda untuk menjadikan pukulan yang pertama itu masuk. Bila bola servis itu masuk , kebanyakan lawan akan melakukan pukulan backhand slice untuk mengembangkannya, Jika dalam memberikan servis itu cukup dalam, pengembaliannya akan mudah di volley. Baik juga untuk melakukan pukulan servis melebar yag biasa dalam permainan ganda itu. Karena dalam kenyataannya pukulan demikian akan memberikan waktu bagi anda untuk bergerak melebar karena pertimbangan pertahanan, terutama bila lawan anda bersiap – siap melakukan pukulan backhand kemudian terhadap pukulan servis kedua anda, dia balik kembali melakukan pukulan forehand bahkan terhadap pukulan servis pertama anda yang kekuatannya sedang sedang saja. Dalam keadaan demikian lakukanlah pukulan yang melebar. Karena jika anda dapat mengontrol servis itu, lawan anda akan mati langkah dan pengembaliannya tak akan mungkin masuk.

Alasan kedua untuk melakukan pukulan servis melebar pada bola pertama ialah , agar lawan anda mengetahui bahwa dia harus melakukan pengembaian dengan pukulan pukulan yang berbeda. Hal yang jelek ialah, melakukan pukulan servis dengan arah yang sama setiap kali. melakukan pukulan servis yang tetap ke arah lemah lawan, bisa membuat pukulan dan titik lemah lawan, tiba tiba menjadi baik. Tidaklah jadi soal , apakah pukulan servis anda itu baik atau jelek, anda harus melancarkan pukulan servis yang bervariasi arahnya.

Jika anda dapat melakukan pukulan servis dengan kekuatan yang sama ke arah tengah dan melebar,  disarankan 80 % lakukan ke arah tengah, karena anda akan mengetahui bola yang bagaimana yang akan anda peroleh dari pengembalian lawan. Seorang Penerima servis akan dapat melakukan pukulan dari tempat permulaannya terhadap pukulan servis yang melebar itu  dan ini menjadikan anda tak mempunyai banyak waktu untuk bergerak mendekati jaring.

Melakukan pukulan servis ke arah tengah akan membuat anda berada pada posisi yang lebih baik untuk melancarkan pukulan volley yang pertama. Tidak banyak yang dapat dilakukan lawan terhadap pukulan servis yang dalam ke arah tengah kecuali ia adalah tokoh pengembali servis yang hebat,  oleh karena itu anda harus melakukan 8 kali ke arah tengah dari sebanyak 10 kali pukulan servis. ***

Tidak ada komentar: