Rabu, 09 Januari 2013

3 hari bertanding baru pulang rumah subuh subuh

Jakarta, 9 Januari 2012. Terkejut juga saya ketika menerima laporan ada turnamen nasional yunior berlangsung selama 3 hari berturut turut sampai pukul 24.00 bahkan lebih lagi. Sungguh saya prihatin sekali hal seperti ini bisa terjadi. Memang saya akui tidaklah mudah selenggarakan turnamen yunior, berbeda dengan turnamen senior. Melihat kejadian seperti ini sudah sering terjadi di turnamen nasional yunior. Tapi saya baru tahu setelah ada laporan. Seperti tulisan sebelumnya jika terjadi hanya dihari pertama , masih bisa ditolerir. Biasanya ini semua terjadi akibat turnnya hujan.Tetapi ini sudah 3 hari masih terulang. Nah lo, maua dikemanakan atlet kita ini.
Kenapa saya prihatinkan sekali, karena sangat tidak mungkin kita dapatkan prestasi yang bagus kalau anak anak bertanding larut malam, karena sudah mengantuk sekali. Ini tidak sehat, mana lagi bisa masuk angin jika tidak diantisipasi oleh pelatih maupun orangtua pemain.
Nah, disinilah peranan direktur turnamen yang bertanggung jawab atas perencanaan turnamen. kalau kita selenggarakan turnamen dimana musim hujan yang biasanya terjadi diakhir dan awal tahun, maka sudah harus antisipasi keadaannya. Kalau saya lihat turnamen diawal dan akhir tahun itu bukanlah turnamen yang baru pertama atau dua kali diselenggarakan tetapi bahkan sudah lebih dari 5 tahun diselenggarakan. Artinya mereka ini sudah harus bisa merencanakannya dengan baik. Kalau sudah athu situasi seperti ini maka harus dicari jalan keluarnya. Salah satunya adalah turnamen jagan dimulai hari Senin, tetapi bisa dilakukan hari Minggu atau Sabtu. Biasanya turnamen nasional yunior itu dilakukan upacara pembukaan sehingga makan waktu pelaksanannya . Ini juga harus diperhitungkan. Tapi saya yakin teman teman di PP Pelti tidak ada yang tahu. Kenapa saya bisa tahu, kebetulan saya menanyakan hasil pertandingan petenis yunior yang akhirnya diberitahu baru selesai . Sayapun melihat jam tangan saya, waktu sudah menunjukkan pukul 00.30. Wow, apa jadinya ya. Kebetulan saya belum tidur. Mau begadang sama petenis yunior ya!

Tidak ada komentar: