Jumat, 09 April 2010

Siapa yang Layak Dapat Rumah Dari Pemerintah ?

Jakarta, 9 April 2010. Saya pernah kedatangan tamu mantan petenis nasional yang cukup populer yaitu Donald Wailan Walalangi. Dia mempertanyakan masalah usulan petenis Indonesia yang ditujukan ke Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Usulan tentang permintaan rumah yang sudah ada dalam salah satu program Pemerintah semasa dipegang Menegpora Adhyaksa Dault.
"Kok si A (bukan nama sebenarnya) diajukan mendapatkan rumah oleh PP Pelti. Sedangkan dia belum pernah menjadi juara SEA Games sekalipun." ujarnya yang membuat saya kewalahan juga, karena tidak melihat adanya usulan dari PP Pelti tersebut.
Memang dalam kriteria dari Pemerintah adalah mantan atlet yang pernah keluar sebagai juara di SEA Games ataupun Asian Games. Dan juga belum memiliki rumah sendiri.

Usulan boleh saja tetapi penentuan tetap oleh Pemerintah sendiri dalam hal ini adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga. Saya pernah dengar ada satu mantan atlet nasional yang ditolak usulan tersebut karena setelah diselidiki oleh Pemerintah yang bersangkutan sudah punya rumah.

Nah, saat ini kira kira siapa sih atlet nasional yang belum punya rumah dan pernah membawa prestasi di Internasional. Mulailah saya telusuri, seperti mantan ratu tenis seperti yayuk Basuki, Angelique Widjaja. Begitu juga Suharyadi (suami Yayuk Basuki). Tentunya ketiganya sudah memiliki rumah atau dianggap mapan alias mampu. Ada Romana Tedjakusuam, Wynne Prakustya, Daniel Heryanto tetapi sekarang sudah berdomisili d Luar Negeri. Ada Lita Soegiarto, Soegiarto Soetaryo, Lanny Kaligis Lumanau. Semuanya sudah ada rumah sendiri, kira kira begitu. Begitu pula Suwandi sudah jadi pengusaha Pom Bensin di Bandung. Coba kebelakang lagi seperti Abdul Kahar MIM, yang berdomisili di Bekasi. Apakah sudah ada rumah sendiri ? Saya belum tahu. Hal yang sama denga Donald Wailan Walalangi sendiri saya belum tahu juga. Ada Bonit Wiryawan di Surabaya. Begitu pula sepupu sendiri Andrian Raturandang yang saya tahu sekarang masih tinggal di Taman Mertua Indah artinya masih menumpang dirumah mertuanya sendiri. Ada Wukirasih Sawondari yang sudah pindah ke Bali (anggota Asian Games diBusan pemegang medali emas beregu putri). Lisa Andriyani sudah menikah dengan WNA.
Ya, siapa tahu ada yang bisa berikan masukan lagi, tentunya saya tidak ingat semuanya.

Tidak ada komentar: