Minggu, 26 Januari 2014

Pelatih dan petenis harus tahu peraturan pertandingan

Jakarta, 27 Januari 2014. Beberapa minggu lalu saya terima telpon dari salah satu orangtua yang mempertanyakan masalah aturan perhitungan disuatu turnamen tenis.
Ada kasus baru yang saya pikir perlu juga diketahui masyarakat tenis. Masalah pengetahuan tentang aturan turnamen bagi petenis, orangtua dan khususnya dikuasai juga oleh pelatih. Kenapa demikian. Supaya tidak semena mena dilakukan oleh penyelenggara turnamen.

Baru baru ini di Thailand, ada pertandingan tenis yunior dimana ada kasus dua petenis mempunyai angka perolehan sama tetapi oleh penyelenggara atau Referee  setempat dilakukan perhitungan yang salah menurut pendapatnya. Dan saya sendiri setuju masalah ini, sehingga saya coba mengingatkan penyelenggara turnamen tersebut masalah ini, kebetulan saya kenal.
Masalah perhitungan seperti kalau pertandingan round robin .Pengetahuan seperti ini sudah waktunya diketahui oleh pelatih khususnya, petenis sendiri sehingga jika ada kasus menimpa dirinya maka sudah bisa bertanya. Itulah yang saya perlu sampaikan.
Tetapi beberapa hari kemudian saya dilaporkan kalau panitia sudah sadar atas kekeliruannya tersbut. Ya, kita harus berni bertanya dan jangan dibarkan kalau salah.

Tidak ada komentar: