Rabu, 22 September 2010

Perpanjang Passport yang mau expired

Jakarta, 15 September 2010. Ditugaskan untuk ke Kota Kinabalu yang saat itu akan diadakan South East Asia Soft Tennis Champs 2010, membuat kesibukan tersendiri karena setlah di cek ternyata paspor saya mau expired tg 6 Oktober 2010. Artinya saya harus segera urus perpanjangan paspor jika ingin keluar negeri. Terakhir kali saya keluar negeri tahun 2005 bersaman dengan Tim Davis Cup INA melawan Malaysia di Kuala Lumpur.

Karena pengalaman sebelumnya pengurusan Paspor bisa dlama satu hari maka sayapun minggu lalu dengan tenangnya mengangap masalah itu bisa diatasi. Lupa kalau saat itu Lebaran sudah mingu depannya, maka saya mengurus sendiri ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat sesuai dengan domisili. Sewaktu mendaftarkan diri dengan antrean saya diberitahukan kalau harus menghadap tanggal 14 September 2010 untuk mengambil foto dan sidik jari. Saya jadi bingung juga, karena rencana berangkat 16 September 2010 sore hari. Kebetulan ada salah satu masyarakat yang juga mengurus Passpor, sayapun bertanya, kira2 berapa lama urusan passpor ini. Dikataka ini kunjungan keduanya, artinya masih ada kunjungan ketiga baru bisa diambil passpor tersbut. Waduh, saya jadi kewalahan karena tiket sudah siap berangkat tanggal 16 September 2010. Pulanglah dengan lemas kembali ke Senayan karena saya naik Busway.
Timbul inisiatip saat itu mencari koneksi di kantor Imigrasi Pusat. Saya langsung telpon dan diberikan nomer tilpon rekannya di kantor Imigrasi Jakarta Barat.
Sayapun pulang dengan naik busway ke Senayan. Itu tanggal 7 September 2010.

Besok pagi kembali lagi saya ke kantor Imigrasi dengan catatan mudah mudahan bisa ketemu petugas Imigrasi yang direkomendasikan tersbut. sayapun telpon yang bersangkutan, ketemu. Diluar dugaan dia katakan dari kemarin sudah ditungu tunggu. Tetapi akhirnya berkat bantuannya saya pun hari itu juga biss ambil pasfoto, sidik jari dan tanda tangan di buku Paspor baru. Disuruhnya kembali setelah Lebaran tanggal 14 September 2010. Legalah sudah urusannya. Benar juga sewaktu tanggal14 September 2010 , begitu lapor tunggu 15 menit sudah dipanggil untuk ambil paspor tersebut.

Tidak ada komentar: