Senin, 03 Januari 2011

Peringkat di suatu turnamen

Jakarta, 3 Januari 2011. Memasuki tahun baru ini saya mencoba berikan sumbang saran didalam pelaksanaan turnamen tenis sebagai bentuk kepedulian saya terhadap pertenisan ini. Karena berdasarkan pengalaman akhir akhir ini saya banyak terima SMS dari orangtua didalam pelaksanaan Turnamen nasional kelompok yunior.
Ini hanyalah masalah PNP Kelompok umur 10 tahun dan 12 tahun. Kenapa menyangkut kedua kelompok ini yang sering jadi perhatian khusus, karena saya melihat animo petenis yunior dikedua kelompok ini sudah menunjukkan kecendrungan meningkat. Peningkatan minat terhadap tenis ini didukung kuat oleh orangtuanya. Ada yang hanya sekedarnya membantu putra dan putrinya dan ada yang sangat tekun mengikuti perkembangannya. Sebenarnya kalau menurut yang saya ikuti anjuran dari ITF, bahwa kedua kelompok ini perlu mendapatkan perhatian serius sebagai cikal bakal petenis potensial.Sehingga khusus KU 10 tahun dianjurkan menggunakan bola khusus dengan tekanan hanya 75 %. Dan saya sudah menerapkan di RemajaTenis sebagai uji cobanya, dan ternyata mendapatkan respopns cukup baik sekali. Awalnya banyak keluhan tetapi setelah diberitahukan maksud dan tujuannya maka pelatih maupun orangtua bisa mengerti sekali.

Kita coba mengetahui maksud dari Peringkat didalam suatu turnamen tenis. Peringkat digunakan sebagai acuan Referee melakukan undiannya, sehingga adanya peringkat itu sangat membantu pelaksanaannya. Petenis ada Peringkat maka berarti petenis tersebut sudah mengikuti turnamen turnamen resminya yang digunakan sebagai acuannya.
Oleh induk orgnisasi tenis yaitu Pelti telah dikeluarkan Peringkat Nasional Pelti. Untuk yunior dikeluarkan hanya 3 kategori saja yaitu kelompok umur 14 tahun, 16 tahun dan 18 tahun.
Berarti kelompok 10 tahun dan 12 tahun tidak ada peringkatnya. Adanya inisiatip dari salah seorang wasit membuat peringkat KU 10 tahun dan 12 tahun itu dengan tujuan agar Referee bisa dibantu dalam membuat undian .

Dalam hal ini saya sih tidak mempermasalahkan adanya Peringkat KU 10 tahun dan 12 tahun yang dibuat bukan oleh Pelti,tetapi hal ini perlu diketahui oleh masyarakat tenis. Berita gembira untuk tahun 2011, Pelti akan keluarkan PNP KU 10 tahun dan 12 tahun.

Didalam pelaksanaan selama tidak ada peringkat resmi dari Pelti didalam suatu Turnamen nasional, seharusnya dalam Draw tersebut tidak perlu dicantumkan PNP nya karena tidak ada. Cukup saja penempatan dimana berdasarkan peringkat (yg dibuat bukan oleh Pelti) diletakkan nama pemainnya tanpa menyebutkan peringkatnya. Tetapi didalam pelaksanaan saya melihat ada Referee yang mencantumkan peringkatnya, tetapi ada yang juga tidak mencantumkannya sehingga masyarakat jadi bingung sendiri. Ini masalahnya.

Tidak ada komentar: