Minggu, 21 Agustus 2011

Pelanggaran terjadi di Turnamen Yunior

Jakarta, 20 Agustus 2011. Ada satu kekeliruan yang dilakukan oleh pelaksana turnamen nasional yunior selama ini karena sudah menyimpang dari ketentuan yang sudah baku baik di kelompok umum dan khususnya yunior yang paling sering terjadi. Tepatnya kekeliruan itu dilakukan oleh petugas REFEREE.
Ada kejadian di final turnamen nasional di Jogja bulan lalu, dimana pemain dilarang menggunakan baju kaos yang ada tulisan nama sekolah atau klubnya berlatih. Yang melarang adalah wasit dan setelah dibawa ke Referee ternyata diperbolehkan. Atlet tersebut sudah
Disini masalah sebenarnya yang mengacu kepada aturan yang telah dikeluarkan oleh ITF maupun Pelti. Ada pembatasan ukuran sponsor yang diletakkan dipakaian pemain yaitu tidak boleh lebih dari 13 cm2 baik di T-shirt dan juga di celana. Penempatannya pula juga diatur bukan semaunya. Bahkan logo pabrik pembuat kaos juga ada pembatasannya yaitu seperti Adidas, Reebeok, Nike, Fila dll itu ukurannya tidak lebih dari 18 cm2.

Pernah kejadian diturnamen internasional yunior, tim Indonesia waktu itu menggunakan jaket Adidas yang terkenal dengan 3 garisnya itu memanjang dari atas kelengannya. Dilarang atau disuruh diganti karena sudah melanggar aturannya.

Nah, ini sangat penting bagi orangtua, adanya ketentuan ini agar dilain kesempatan sudah harus menyiapkan pakaian yang memenuhi ketentuan tersebut, jangan sampai sudah tidak ada persediaan pakaian akan mengganggu konsentrasi atletnya. Hal yang sama juga bagi T-shirt yang diberikan oleh Turnamen turnamen lainnya sebagai sovenir. Ini jelas juga sudah melanggar. Ketentuan ini berlaku jika digunakan sewaktu didalam lapangan waktu mau bertanding saja, dan jika diluar pertandingan menggunakannya masih diperkenankan.
Ini sebagai masukan kepada masyarakat tenis yang terbiasa dengan pelaksana turnamen yang kurang teliti (Referee) bisa berdampak lebih besar disaat ketemu petugas yang benar benar menjalankan aturan tersebut.

Begitu juga harapan saya kepada petugas Referee agar menjalankan tugas dengan menertibkan aturan aturan yang sudah baku ini. Karena turnamen yunior adalah turnamen pembinaan. Turnamen merupakan esensi penting untuk mendapatkan peningkatan kemampuan teknis dan mental. Karena akibat pelanggaran akan mempengaruhi mental atlet.

Tidak ada komentar: