Rabu, 20 November 2013

Wasit di Papua perlu ditingkatkn kualitasnya

Jakarta, 20 November 2013. Ternyata pembinaan SDM sangat perlu sekali di Tanah Papua. Banyak pihak tidak tahu kalau di Jayapura wasit tidak biasa gunakan score card karena disetiap kursi wasit sudah ada papan score dikiri kanannya sehingga setiap pengucapan angka tidak dicatat tetapi langsung dilakukan dengan tangan dikiri dan kanannya. Ada lagi yang belum biasa adalah menggunakan sistem 2 set tetapi paling sering adalah sistem Pro Set saja, maksimun sampai angka 8 saja.

Sayapun membawa Referee dan wasit nasional untuk memberikan pencerahan kepada para wasit sehari sebelum pertandingan. Namanya sehari sebelum pertandingan belum bisa dipraktekkan dilapangan. Banyak hal yang belum bisa secara langsung dipraktekkan, sehingga sering kali wasit turun ke meja Referee atau wasit nasional mendampingi dibawah kursi wasit.
Ya, kalau petenis dan pelatih perlu ditingkatkan selama ini sudah lazim , tetapi yang sering dilupakan adalah peningkatan kualitas wasit haarus mendapatkan perhatian. Ya, kita harus maklum karena jarang ada turnamen nasional sehingga kapan mau praktekkan skill nya.
Ada daerah yang mnta diadakan enataran wasit tetapi bukan diselengi dengan turnamen nasional, yang saya sayangkan saja.

Tidak ada komentar: