Senin, 08 November 2010

Rahasia Kimiko Date bisa Bertahan

Jakarta, 6 Nopember 2010. Menyaksikan pertandingan antara Kimiko Date melawan Ana Ivanovic sore ini di Hotel Westin Nusa Dua, saya tertarik akan pola main dari Kimiko Date. Ini untuk kedua kalinya saya menyaksikan langsung pertandingan dari Kimiko Date. Tahun lalu dievent yang sama dan tempat yang sama Kimiko Date bertanding.

Memang pertandingan jadi menarik, karena perlawanan Kimiko Date cukup alot terhadap permainan Ana Ivanovic yang salah satu fans berat saya.
Disini saya melihat Kimiko menggunakan pola cukup lama saya kenal, yaitu hit the ball on the rise, yaitu bola tidak perlu ditunggu turun baru dipukul, tetapi disaat bola mau naik setelah pantulan langsung duipukul. Ini menggunakan power lawan sehingga tidak butuh tenaga besar. Ini salah satu kelebihan jenis pukulan flat. Berbeda dengan pukulan yang mayoritas dilakukan petenis kita, dimana terlalu banyak menunggu bola turun sehingga memnguras tenaga banyak. Bayangkan diusia 40 tahun Kimiko Date masih bisa masuk semifinal.

Saya melihat bagaimana Ana Ivanovic bisa lari pontang panting, hanya karena kakinya Anapanjang masih bisa dikembalikan. Satu keistimewaan Kimiko adalah return service cukup prima. Pernah lawannya belum sempat ready setelah memukul servisnya , bola kembalian sudah datang sehingga sipemegang servis kewalahan untuk mengembalikannya.
Disamping itu pula yang menarik permainan keduanya memiliki backhand slicenya yang digunakan sebagai senjata kalau menerima pukulan spin lawannya.

Kimiko bertanding cukup efisen dan efektif. Hanya lawan yang lebih konsisten saja yang bisa mengalahkannya.

Tidak ada komentar: