Kamis, 15 Januari 2015

Kalau Punya NIAT maka ada Jalannya

Palembang, 11 Januari 2015. Disela sela babak final kejurnas RemajaTenis Sumsel-XII dilapangan tenis Pemkot Palembang, saya bertemu dengan rekan lama Afghan Invasi mantan petenis yunior yang berasal dari Sumtra. Ternyata dia tugas di perusahaan asuransi dan sudah 9 bulan di Palembang. Karena dia petenis maka cocok lah berbicara tentang tenis di Sumsel.

Saya kemukakan tentang potensi pertenisan di Sumsel karena sejak 2011 sampai sekarang saya sudah selenggarakan untuk ke dua belas kalinya baik dilapangan tenis Pusri (2011), Jakabaring, Sekayu Muba, Tanjung Enim dan lapangan tenis Pemkot Palembang.
Saya katakan kalau lapangan tenis Pemkot ini bukan lapangan yang asing bagi saya karena beberapa tahun silam saya pernah menggelar Persami Piala Ferry Raturandang.


Dia sepakat kalau kualitas pelatih di Sumsel perlu ditingkatkan. Mungkin hanya 1-2 pelatih saja yang memiliki seritifikat National ITF Level-1 coaches.
Kemudian saya sampaikan dengan kualitas seadanya skarang sudah bisa menghasilkan petenis potensial yang masih perlu diasah. Masalah finansial sebenarnya bagi Sumsel bukan masalah. 

Contoh kecil saja di Kabupaten Musi Banyuasin ada PPLP dimana dukungan Bupati cukup besar. sedangkan Gubernur Sumsel juga memiliki sekolah ungguan olahraga, tetapi tidak ada tenisnya , kenapa? Ini yang perlu mendapatkan perhatian baik dari Pelti setempat.
Kemudian saya sampaikan agar Afghan terjun membina beberapa atlet kelompok umur 18 tahun ketas. Latih lah cukup 4 petenis saja. Kumpulkan dan dilatih teratur. Walaupun bukan sebagai pelatih bersertifikat, modal sebagai sparring partner juga bisa digunakan , karena dia juga sebagai petenis andal.

Diakuinya semua itu apa yang saya kemukakan, hanya terbentur akan waktu kerjanya hanya bisa dilakukan Sabtu dan Minggu saja. Ya, coba saja dihari lain sewaktu seteah jam kerja. Kalau dilakukan secara rutin maka sudah pasti lebih baik hasilnya. Dan saya bisa bantu dengan datangkan pelatih secara rutin setiap 3 bulan sekali untuk coaching clinic di Palembang. Yang penting punya NIAT baik semua ini so pasti bisa terlaksana.

Tidak ada komentar: